spot_img
Wednesday, April 24, 2024
More
    spot_img
    HomeBeritaWebinar APKASI, Bupati ASA Dorong Guru di Indonesia Cakap Bermedia Digital dan...

    Webinar APKASI, Bupati ASA Dorong Guru di Indonesia Cakap Bermedia Digital dan Numerasi

    Dengar SBFM Live di sini

    -

    Html code here! Replace this with any non empty raw html code and that's it.

    SINJAI, – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sinjai melalui Dinas Pendidikan (Disdik) merupakan daerah pertama di Indonesia yang telah melakukan kerja sama dengan PT. Microsoft Indonesia tentang percepatan tranformasi digital pendidikan sesaat sebelum pandemi.

    Demikian diungkapkan Bupati Sinjai, Andi Seto Asapa (ASA) dalam webinar pendidikan yang digelar Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) yang diikutinya dari Rumah Jabatan Bupati Sinjai, Jumat (22/10/2021)

    Hal ini tentu menjadi salah satu bekal pokok bagi guru-guru di Kabupaten Sinjai dalam menghadapi pembelajaran digital termasuk Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ), sehingga pada saat pandemi pendidikan Kabupaten Sinjai melalui Disdik tetap jaya dalam kondisi pandemi Covid-19.

    Kendati demikian, kondisi tersebut kata Bupati ASA, yang juga Sekretaris Bidang Pendidikan dan Kebudayaan APKASI, para guru/pendidik untuk cakap bermedia digital, cakap numerasi dan berkarakter dalam menghadapi tantangan global, sehingga pihaknya mendorong seluruh guru di Indonesia khususnya di Sinjai benar-benar cakap dengan hal itu.

    “Sebagaimana kita ketahui bersama semenjak adanya pandemi kita lebih fokus dalam PJJ, mudah-mudahan pelatihan mengenai digitalisasi ini, kedepannya pembelajaran daring yang dilakukan guru bisa lebih bagus, inovatif dan bisa menyenangkan serta diterima oleh siswa/siswi,” ungkapnya.

    Tidak hanya itu, dihadapan peserta webinar, pihaknya menjelaskan menggandeng Tim Macca yang merupakan relawan yang peduli pendidikan. Mereka bekerja secara Ikhlas tanpa insentif khusus yang direkrut dari guru dan tenaga kependidikan muda, energik dan kreatif yang membantu Sinjai.

    Telah banyak yang dilakukan Pemkab Sinjai melalui Disdik dengan tim Macca dengan membekali para guru di Sinjai kata Bupati ASA, diantaranya menyerahkan akun Microsoft 365 oleh Microsoft Asia Pasifict Singapore sebanyak 38.682 Akun untuk Pengawas, Kepala Sekolah, Guru, Tenaga Kependidikan dan para siswa di Sinjai.

    Melaksanakan Training of Trainer (TOT) Macca Microsoft 365 untuk Pengawas, Guru, Tenaga Kependidikan dan Siswa. Penerapan Aplikasi Macca Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 4) Inovas Sistem Belajar “Case Study Collaboration 365″.

    Selanjutnya melakukan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS), Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) Terpadu Berbasis Studio dan Kelas Inspirasi. Melaksanakan virtual competition dalam rangka Semarak Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia bagi para guru dan siswa seperti Cerdas Cermat Virtual, Photography Contest, dan lainnya.

    Kemudian, TOT Guru Inovatif kerjasaama PT. Microsoft Indonesia kepada seluruh Guru di Indonesia. Melaksanakan workshop penyiapan lembaga PAUD untuk Pemenuhan Standar Nasional Pendidikan (SMP).

    Bahkan mengadakan lomba pidato HAKORDIA (Hari Antikorupsi Sedunia) Tingkat SMP Se-Kabupaten Sinjal Kerja sama dengan Kejaksaan Negeri Sinjai dan perguruan tinggi. Melaksanakan program Microsoft Showcase School, kolaborasi pembelajaran dengan Singapore. Program Kolaboratif Peringkat Antar Bangsa dengan Malaysia serta Program Global Learning Connection (GLC) dengan Hongkong, Singapore, Malaysia dan China.

    Hingga kata Bupati ASA, mewakili Indonesia pada Kegiatan “Leaders in Digital Transformation of Education” yang dihadiri oleh beberapa Negara Asia, Afrika, & Eropa hingga memfasitasi Kegiatan Strategic Partnership Building Nation through Modernizing Education untuk 10 Provinsi dan Kabupaten/Kota serta Kejasama/MOU Yayasan Guru Belajar Indonesia dengan Program Sekolah Merdeka Belajar (SMB).

    “Tim Macca ini sebagai pelopor pendidikan digital dan senantiasa melakukan inovasi pendidikan di Kabupaten Sinjai, kita bersyukur sekali mereka bekerja dan membantu kami selama ini,” jelasnya.

    Webinar yang digelar APKASI ini turut dihadiri Menteri Kominfo Johnny G Plate, Dewan Pengurus APKASI Prof Dr Ir H Nelson Pomalingo, Staf Ahli APKASI bidang pendidikan dan Kebudayaan, Dr Himmatul Hasanah, Pakar Asesmen Pendidikan UNY, Dr. Das Salirawati serta Pengembang Inovasi Pendidikan Internasional Certified Trainer on Educational for Asia, Prof Ir Drs Djohan Yoga. (Tim Website)

    Related articles

    -
    Ubah Bahasa :
    -

    Latest posts