Pengawas Bangunan Ini Apresiasi Program Pelatihan dan Uji Sertifikasi dari Bupati ASA

0
88

SINJAI, – Rasa syukur dan senang tampak bersinar dari wajah salah seorang peserta pelatihan tenaga terampil konstruksi yang dilaksanakan oeh Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Sinjai, Rabu (13/10/2021).

Ia adalah Andi Maddolangeng, warga desa Songing Kecamatan Sinjai Selatan. Ia tampak semangat dalam mengikuti materi yang disampaikan dari instruktur Balai Jasa Konstruksi Wilayah VI Makassar.

Saat ditemui disela-sela pelatihan, Andi Maddolangeng mengaku gembira dan bersyukur mengikuti pelatihan konstruksi dan uji sertifikasi. Menurutnya ini penting sebab banyak ilmu baru yang didapatkan serta adanya sertifikat kompetensi yang diperoleh bagi yang lulus.

“Alhamdulillah kegiatan ini sangat baik dan saya selaku pribadi mengucapkan terima kasih kepada bapak Bupati Sinjai dengan adanya pelatihan gratis ini. Tentu banyak ilmu yang kita dapatkan dari instruktur sebagai bekal dalam pelaksanaan konstruksi, ” jelasnya.

Maddolangeng juga mengungkapkan bahwa dengan adanya sertifikat kompetensi yang nantinya diperoleh melalui pelatihan ini akan memudahkan untuk mendapatkan pekerjaan proyek dari kontraktor pelaksana.

Hal ini kata dia sesuai amanat Undang-Undang nomor 2 tahun 2017 tentang Jasa Konstruksi. Dimana para pekerja konstruksi dalam sebuah perusahaan yang bergerak di bidang konstruksi, diwajibkan untuk memiliki sertifikat kompetensi.

“Harapan kami setiap tahun bisa dilakukan pelatihan ini supaya di sektor bidang proyek semua ada sertifikatnya. Jika kami punya sertifikat sangat memudahkan untuk mendapatkan pekerjaan dari kontraktor pelaksana proyek, ” kata Maddolangeng yang mengikuti pelatihan di bidang pengawasan bangunan.

Sementara itu Kadis PUPR Sinjai A. Taufiq Saleh menyampaikan bahwa pihaknya sudah meminta data kongkrit terkait tenaga terampil di Sinjai yang sudah diikutkan dalam sertifikasi agar dalam setiap proyek pembangunan yang dilaksanakan Pemerintah Daerah diutamakan untuk dipekerjakan.

“Kami dari Dinas PUPR sudah meminta data peserta yang sudah punya sertifikat agar dalam proses pembangunan proyek di tahun 2022 kita akan usulkan kepada pihak kontraktor yang memenangkan tender untuk memanfaatkan tenaganya,” ungkapnya. (Tim Website)