Disparbud Sinjai Siap Sukseskan Festival Budaya “Gau Pakkaja”

0
170

SINJAI, – Sebagai rangkaian dari rencana kegiatan Festival Budaya Maritim ‘Gau Pakkaja, Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM)  Todilaling menggelar Tudang Sipulung.

Dalam kegiatan ini tampak hadir beberapa stakeholder terkait seperti Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Sinjai Yuhadi Samad, Lurah Lappa A. Rifai Azis, tokoh masyarakat dan para seniman.

Kegiatan ini yang dikemas sederhana ini dilaksanakan di Sekretariat PKBM Todilaling di Jalan Amanagappa Sinjai, Senin sore (11/10/2021).

Ketua PKBM Todilaling Hj. Ernawati Madi mengatakan bahwa Tudang Sipulung ini digelar untuk menyamakan persepsi serta membicarakan terkait agenda festival “Gau Pakkaja” yang akan dilaksanakan di Kelurahan Lappa Kecamatan Sinjai Utara pada akhir Oktober ini.

“Hari ini kita hadirkan instansi terkait, Pemerintah Kelurahan Lappa, tokoh masyarakat dan para seniman yang akan terlibat untuk membicarakan agenda budaya ini termasuk adanya masukan dan saran dari berbagai pihak untuk menyukseskan event budaya ini,” katanya.

Sementara itu Kepala Disparbud Sinjai DR. Yuhadi Samad yang hadir dalam kegiatan ini memberi apresiasi kepada PKBM Todilaling yang dipercayakan untuk melaksanakan salah satu program dari Kemendikbud Ristek melalui Direktorat Jenderal Kebudayaan.

“Kita patut berbangga karena dari 6 ribuan pengusul di seluruh Tanah Air, PKBM Todilaling berhasil mendapatkan kepercayaan untuk melaksanakan kegiatan budaya. Tentu ini akan menjadi penilaian tersendiri bagi Kemendikbud Ristek,” katanya

Selaku pembina teknis kebudayaan di Sinjai, pihaknya siap menyukseskan kegiatan ini dan berharap festival budaya ini menjadi spirit dan semangat bagi pelaku budaya yang ada di Sinjai.

“Ini akan menjadi barometer kita kedepan untuk melaksanakan event budaya dan kita harus meyakinkan pihak kemendikbud bahwa kita mampu melaksanakan festival budaya dengan sukses. Ini juga akan menjadi promosi untuk mengangkat budaya lokal khususnya budaya maritim yang ada di kelurahan Lappa, ” ungkapnya.

Sekedar diketahui, kegiatan budaya ini digagas oleh Direktorat Jenderal (Ditjen)  Kebudayaan Kemendikbud Ristek RI melalui program fasilitasi bidang kebudayaan (FBK)  kategori pendayaagunaan ruang publik. (Tim Website)