Bupati ASA Berhasil Sejahterakan Peternak Sapi melalui Program IB

0
182

SINJAI, – Program Inseminasi Buatan (IB) Plus yang dicanangkan Bupati Sinjai, Andi Seto Asapa (ASA) sejak awal pemerintahannya terbukti berpihak kepada masyarakat, khususnya peternak sapi di Sinjai.

Sapi hasil IB atau kawin suntik ini dapat mensejahterakan peternak, betapa tidak pedet (anak sapi) yang dihasilkan jauh lebih berkualitas. Begitupun dengan harganya jauh lebih tinggi.

Pasalnya, pedet yang dihasilkan adalah pedet sapi impor seperti sapi Limosin, Brahma serta sapi Simental.

“Bicara keuntungan, jauh lebih besar jika sapi hasil IB dibandingkan sapi Bali yang kawin alami,” ungkap Salama salah satu peternak Sapi di Desa Bulutellue, Kecamatan Bulupoddo, Sabtu (09/10/2021)

Sebagi contoh perbandingan, kata Salama, pedet hasil IB berumur 8 bulan sudah dihargaii Rp10 juta bahkan lebih. Berbeda dengan sapi hasil kawin alam hanya dihargai Rp4-5 Juta.

Dengan adanya program ini, Salama merasa senang dan bersyukur kepada Bupati ASA yang telah membuktikan keseriusannya dalam membangun sektor peternakan.

“Saya bersyukur dan berterima kasih kepada bapak Bupati atas adanya program IB ini, karena hasil atau keuntungan yang didapat itu meningkat 2 kali lipat,” ucapnya.

Ia mengaku, program ini baru dirasakannya di era kepemimpinan Bupati ASA.

“Saya merasa senang program ini bisa hadir dalam meningkatkan perekonomian bagi masyarakat, khususnya para peternak sapi,” tandasnya.

Sekedar diketahui, program IB Plus yang dipadukan dengan program Asuransi Usaha Ternak Sapi (AUTS) merupakan salah satu program unggulan Bupati ASA di sektor peternakan.

Program ini dilaksanakan atas komitmen Bupati ASA untuk menjadikan Sinjai sebagai daerah metropolitan sapi di Sulawesi. (Tim Website)