Program Sekolah Merdeka Belajar Resmi Diluncurkan, Ini Harapan Bupati ASA

0
102

SINJAI – Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Sinjai menggelar sosialisasi dan peluncuran program Sekolah Merdeka Belajar (SMB) yang digagas Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menjadi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Peluncuran program sekolah merdeka belajar secara virtual tersebut berlangsung distudio SMPN 7 Sinjai, Selasa (28/9/2021).

Kepala Dinas Pendidikan Sinjai Andi Jefrianto Asapa mengatakan, program sekolah merdeka belajar adalah inovasi menyikapi pandemi Covid-19 yang tak kunjung berakhir. Ia berharap program itu dapat memberikan solusi pembelajaran daring di Kabupaten Sinjai

“Sekolah Merdeka Belajar ini merupakan program andalan Pak Menteri Pendidikan, sehingga kami yang ada di Kabupaten kota Provinsi juga berkewajiban untuk melaksanakan,” ungkap Andi Jefrianto.

Beberapa manfaat yang dapat dipetik dari program sekolah merdeka belajar, kata Jefrianto antara lain mempersiapkan sejak dini kepala sekolah, guru dan murid untuk mengikuti nanti Assesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK).

“Jadi teman-teman guru diajar bagaimana mereka punya kemampuan digitalisasi, dengan mereka mahir menggunakan teknologi ini kita berharap sudah tidak menjadi persoalan yang dihadapi oleh satuan pendidikan di Kabupaten Sinjai,” ujarnya.

Kemudian dengan program tersebut para guru dan kepala satuan pendidikan mulai dari PAUD sampai SMP dilingkup Dinas Pendidikan punya strategi, inovasi, kreativitas yang lebih besar dan lebih banyak lagi dalam proses pembelajaran di Sekolah.

“Harapannya anak-anak kita kebebasan dalam menuangkan kreativitasnya dalam belajar begitupula dengan guru-guru,” harapnya.

Terpisah, Bupati Sinjai Andi Seto Asapa (ASA) berharap kepada seluruh pengawas, kepala satuan pendidikan dan guru agar berkomitmen dalam menjalankan dan mensukseskan program tersebut.

“Semoga bisa dilaksanakan dengan baik dan penuh rasa tanggungjawab, InsyaAllah dengan melakukan program Sekolah Merdeka Belajar ini akan memberikan hal yang terbaik bagi dunia pendidikan di Kabupaten Sinjai,” kata ASA. (Tim Website)