Nakes di Sinjai Mulai Divaksin Dosis Ketiga Jenis Moderna

0
89

SINJAI – Tenaga kesehatan (nakes) di Kabupaten Sinjai mulai divaksin Covid-19 dosis ketiga. Mereka disuntik vaksin Moderna dari Amerika Serikat. Sebelumnya, pemberian vaksin dosis pertama dan kedua para nakes digunakan vaksin Sinovac.

Kepala Puskesmas Balangnipa, dr. Andi Yuli Angreani mengungkapkan
vaksinasi dilakukan secara bertahap. Tidak langsung semua nakes.

“Untuk hari ini kita prioritaskan 15 orang, karena memang untuk satu vial vaksin jatahnya 15 orang. Mereka adalah dokter, penanggung jawab ruangan, program dan bagian administrasi manajemen,” ungkapnya saat ditemui disela-sela vaksinasi di Puskesmas Balangnipa, Jumat (10/9/2021).

Dikatakan dr. Yuli, pasca menjalani vaksinasi para nakes tersebut akan diistirahatkan, sebab beberapa fasilitas kesehatan (Faskes) yang nakesnya sudah divaksin mengeluhkan demam, menggigil, dan nyeri badan.

“Makanya kami antisipasi yang vaksin hari ini kami kasi istirahat selama dua hari. Nanti hari Senin baru masuk, dan hari itu juga kembali dilakukan vaksin gelombang kedua,” ujarnya.

dr. Yuli mengaku antusias nakes mengikuti vaksinasi dosis ketiga tersebut sangat tinggi. Apatalagi antibodi yang ditinggalkan dari vaksin moderna ini sangat tinggi dibanding sinovac.

Sementara itu salah seorang nakes, Surtina Iskandar mengaku berselang beberapa menit pasca disuntik vaksin moderna dia tak merakan ada efek samping yang berat dalam dirinya.

“Alhamdulillah kami baru saja mendapat vaksin ketiga moderna, sampai beberapa menit, alhamdulillah mudah-mudahan tidak ada efek samping atau bagaimana karena menurut informasi respon dari moderna ini lebih dari sinovac,” ucapnya.

Surtina berharap para nakes yang ada di Kabupaten Sinjai mendapatkan vaksinasi tersebut, terlebih nakes yang sehari-hari dihadapkan dengan risiko tinggi penularan Covid 19.

“Mudah-mudahan semua nakes mendapatkan vaksin moderna, agar kita lebih maksimal memberikan pelayanan dibandingkan sebelumnya,” ujarnya.

Nakes lainnya, Adhaerani mengaku perasaannya sama pada saat divaksin pertama dan kedua. Cuman memang kata dia, sedikit panik karena jarum suntik.

“Untuk semua nakes tetap vaksin ketiga, tidak usah takut efeknya yang beredar luas karena tidak semua itu benar sudah banyak teman-teman yang vaksin moderna alhamdulillah sampai sekarang masih bagus, mungkin ada keluhan satu sampai dua hari,” kata Adhaerani.

Sekedar diketahui vaksin ketiga jenis moderna gelombang pertama berlangsung di Puskesmas Balangnipa dan Samataring. (Tim Website)