PUPR Sinjai Gelar Pelatihan dan Sertifikasi Tenaga Terampil Konstruksi

0
97

SINJAI – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) bekerjasama dengan Balai Jasa Konstruksi Wilayah VI Makassar menggelar pelatihan tenaga terampil konstruksi yang berlangsung di Workshop Kantor PUPR Sinjai selama dua hari dari tanggal 1-2 September 2021.

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Bupati Sinjai Andi Seto Asapa (ASA) yang diwakili oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setdakab Sinjai A. Ilham Abubakar dan dihadiri oleh Kepala Balai Jasa Konstruksi Wilayah VI Makassar Ismail Abdul Muttalib, Rabu pagi (01/9/2021).

Panitia pelaksana Hj. Nurasibah dalam laporannya menyampaikan bahwa kegiatan ini diikuti sebanyak 50 peserta dengan beberapa jabatan kerja seperti tukang bangunan, juru ukur, tukang kayu, operator alat berat dan tukang listrik.

Kadis PUPR Sinjai A. Taufiq Saleh menyampaikan rasa syukur atas terlaksananya kegiatan ini sebab dilaksanakan dalan masa pandemi Covid-19. Kegiatan ini sangat bermanfaat untuk memberikan keterampilan bagi tenaga kerja yang ada di Sinjai sehingga dapat bersaing di era digital saat ini.

“Dengan pelatihan ini, peserta dapat meningkatkan kapasitas, keterampilan, skill dan kompetensinya, sehingga pembangunan di Sinjai melahirkan output yang positif. Peserta yang lulus akan mendapatkan sertifikat kompetensi, ” jelasnya.

Kepala Balai Jasa Konstruksi Wilayah VI Makassar Ismail Abdul Muttalib menyampaikan apresiasi kepada Pemkab dibawah nahkoda Bupati ASA yang memiliki perhatian kepada tenaga kostruksi yang ada di Sinjai.

“Perhatian begitu besar dari bapak Bupati Sinjai baik itu dalam peningkatan SDM tenaga konstruksi dan pengawasan, sebab tidak semua kabupaten memberikan perhatian seperti ini dan kita harap sinergitas ini terus bisa dipertahankan, ” jelasnya.

Ismail berharap, kedepan para tenaga kerja yang tersertifikasi ini bisa terserap dalam proyek infrastruktur khususnya di Sinjai baik itu yang sumber anggarannya dari APBD Kabupaten maupun dari sumber anggaran lainnya.

Sementara itu, Ilham Abubakar dalam sambutamnya berharap melalui pelatihan ini bisa menghasilkan output dan sumber daya manusia yang handal dan profesional utamanya di bidang konstruksi karena selain infrastruktur yang berkualitas juga harus didukung oleh tenaga kerja yang terampil dan berkompeten.

“Selaku Pemerintah Daerah saya berharap agar setelah acara ini pembangunan infrastruktur dan konstruksi di Sinjai menjadi tertib sehingga otomatis penyelenggaraan pekerjaan juga berkualitas, berwawasan lingkungan, berdaya saing tinggi dan berkelanjutan, ” jelasnya. (Tim Webiste)