Peserta Pelatihan Jasa Konstruksi Diberikan Edukasi Cara Penanganan Covid-19

0
129

SINJAI – Sebelum dilaksanakan pelatihan bagi tenaga konstruksi yang dilaksanakan oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Sinjai, Satgas Pencegahan dan Penanganan Covid-19 Kabupaten Sinjai menggelar sosialisasi penanganan Covid-19 kepada peserta pelatihan, Rabu (1/09/2021).

Kepala Diskominfo dan Persandian Sinjai selaku Koordinator tim edukasi Satgas Covid-19 Kabupaten Sinjai yang diwakili oleh Kepala Bidang Humas dan IKP, Ika Maya Sari dalam kesempatan tersebut memaparkan secara singkat penanganan dan pencegahan Covid-19 di bidang konstruksi.

Menurutnya ada 4 hal pokok yang mesti dilakukan dalam penanganan Covid di bidang jasa konsturksi berdasarkan Instruksi Menteri PUPR No C2 /1N/M/2020 : yakni pembentukan Satgas Covid-19 dengan anggota minimal 5 orang, identifikasi potensi bahaya Covid-19 di lapangan, adanya fasilitas kesehatan di tempat kerja serta pelaksanaan pencegahan Covid-19.

“Jadi Satgas ini fungsinya melakukan pembinaan, sosialisasi dan edukasi terhadap para pekerja konstruksi, selain itu di tempat kerja ada alat pengukur suhu tubuh serta obat-obatan lainnya dan yang tak kalah pentingnya ada poster yang memberikan edukasi dan informasi pencegahan Covid-19 untuk mengingatkan para pekerja dalam penerapan protokol kesehatan, ” jelasnya.

Ika menambahkan bahwa berdasarkan surat edaran Bupati Sinjai nomor 1493 tahun 2021 terkait Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 3 di Kabupaten Sinjai, pelaksanaan kegiatan konstruksi dapat beroperasi 100 persen dengan pengaturan jam operasional, kapasitas dan penerapan protokol kesehatan secara ketat.

Dalam kesempatan tersebut, untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19, seluruh peserta diwajibkan untuk melakukan swab antigen sebelum mengikuti pembekalan keterampilan jasa konstruksi. (Tim Website)

Previous articlePUPR Sinjai Gelar Pelatihan dan Sertifikasi Tenaga Terampil Konstruksi
Next articleBupati ASA Bantu Kelompok Nelayan Peralatan Tangkap Ikan