Gelar Pendampingan Penginputan PPID, OPD Diminta Berikan Informasi dan Data yang Up to Date

0
89

SINJAI – Untuk memenuhi kebutuhan informasi publik yang layak di informasikan sesuai dengan Undang-undang nomor 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP), Bidang Humas dan Informasi Komunikasi Publik (IKP) Diskominfo Sinjai selama empat hari berturut-turut melaksanakan pendampingan pengisian aplikasi PPID.

Kepala Bidang Humas dan IKP Diskominfo Sinjai, Ika Mayasari mengatakan, pendampingan tersebut berlangsung di Ruang CCTV Diskominfo yang diikuti 31 organisasi perangkat daerah (OPD) dan 9 Kecamatan se-Kabupaten Sinjai sejak tanggal 23-26 Agustus 2021.

Pelaksanaannya dibagi empat jadwal karena mengingat Sinjai masih berdampak pandemi Covid1-19. Selain OPD dan Kecamatan pihaknya juga mengundang Sekretariat Bawaslu dan KPU Sinjai.

“Penginputan antara lain terdiri dari informasi dan data yang terdapat pada OPD dan Kecamatan yang dapat di publish sehingga keterbukaan informasi publik yang ada OPD tersebut dapat disampaikan kepada seluruh masyarakat,” ungkap Ika, Jumat (27/8/2021).

Untuk tahap ini, pihaknya hanya mengundang OPD dan Kecamatan, tetapi kedepan dia berharap desa dan kelurahan juga akan diikutkan.

“Kedepan kami mengharapkan desa dan kelurahan juga dapat kami undang, melibatkan desa/kelurahan terkait data dan informasi, tapi itu mungkin kami laksanakan secara bertahap,” ujarnya.

Dalam kesempatan ini, Ika meminta kepada seluruh OPD dan Kecamatan untuk berperan aktif dengan memberikan informasi dan data yang up to date.

“Kami juga berharap bagi teman-teman yang ingin mengakses informasi dapat langsung ke PPID Kabupaten Sinjai,” kuncinya.

Terakhir Ika berharap dalam rangka menghadapi pemeringkatan PPID Kab/Kota se-Sulawesi Selatan, Kabupaten Sinjai dapat minimal mempertahankan peringkat III atau lebih baik lagi.

“Tahun kemarin kita dari PPID Sinjai dapat peringkat III dari 24 Kabupaten/Kota se-Sulsel, semoga tahun ini bisa lebih baik,” ucapnya berharap. (Tim Website)