Curah Hujan Tinggi, Bupati ASA Imbau Warga Waspada Potensi Bencana

0
171

SINJAI, – Intensitas curah hujan akhir-akhir ini yang cukup tinggi di wilayah Kabupaten Sinjai berpotensi menimbulkan banjir, tanah longsor serta bencana lainnya yang dapat mengancam keselamatan warga.

Olehnya itu, Bupati Sinjai Andi Seto Asapa (ASA) mengingatkan warganya, khususnya yang bermukim di area pegunungan atau di lereng, serta warga di area Kota Sinjai agar senantiasa waspada terhadap kondisi cuaca yang berubah-ubah.

“Kita di Kabupaten Sinjai kembali diguyur hujan yang intensitasnya cukup tinggi. Saya minta seluruh masyarakat agar selalu waspada terhadap dampak cuaca ekstrem saat ini,” imbaunya. Jumat, (27/08/2021)

Selain itu, warga diminta untuk selalu memantau perkembangan cuaca di wilayahnya. Sehingga jika ada kemungkinan buruk yang terjadi, agar sedini mungkin melakukan pencegahan.

“Kalaupun ada hal yang tidak kita inginkan, kita bisa bertindak untuk menghindari bertambahnya jumlah kerugian ataupun hal hal yang tidak kita inginkan,” tambahnya.

Bupati ASA berharap, warga tetap mengedepankan aspek pencegahan dalam menghadapi ancaman bencana yang berakibat pada keselamatan jiwa manusia.

Kepada jajaran pemerintah Kecamatan, Desa dan Lurah, Bupati ASA juga meminta untuk memantau dan siaga terhadap kemungkinan bencana, dan terus melakukan koordinasi dengan instansi terkait.

“Saya berharap kesiapsiagaan dijaga dan sadar terhadap informasi-informasi yang sudah disampaikan pemerintah daerah melalui Diskominfo dan BPBD Sinjai,” harapnya.

Memasuki musim penghujan, potensi yang dirasakan masyarakat di dataran tinggi seperti Sinjai Barat, Sinjai Tengah, Sinjai Borong, Bulupoddo, Sinjai Selatan dan Tellulimpoe untuk mewaspadai terjadi tanah longsor. Sedangkan wilayah kota adalah bencana banjir atau genangan air. (Tim Website)