spot_img
Tuesday, May 21, 2024
More
    spot_img

    Panen Perdana Cabai Rawit, Program “Gertac Sehati” Kini Mulai Menuai Hasil

    More articles

    SINJAI – Inovasi program Gerakan Tanam Cabai Sehat Tekan Inflasi (Gertac Sehati) yang dicanangkan oleh Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan (TPHP) kabupaten Sinjai beberapa waktu lalu kini sudah menuai hasil melalui panen perdana.

    Panen cabai ini dilakukan secara langsung oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Sinjai Hj. A. Nurhilda Daramata Seto bersama Kadis TPHP Sinjai H. Kamarudiin dan Kadis Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Sinjai Hj.A. Hariyani Rasyid di Halaman Kantor Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Sinjai Utara Kelurahan Bongki, Rabu siang (25/8/2021).

    Kepala Dinas TPHP Sinjai H. Kamaruddin mengatakan bahwa panen cabai ini merupakan bagian dari program Gertac Sehati sebagai langkah mengantisipasi laju inflasi serta untuk memenuhi kebutuhan konsumsi sehari-hari.

    “Alhamdulillah hari ini kita panen perdana cabai dari program ‘Gertac Sehati’ di lahan BPP Sinjai Utara yang memang sebelumnya kita jadikan sebagai ujicoba program ini. Program ini juga berjalan dibeberapa OPD mudah-mudahan dalam waktu tidak lama lagi mereka juga bisa panen, “jelasnya.

    Kamaruddin berharap program ini bisa berlanjut dan dikembangkan secara swadaya oleh masyarakat melalui berbagai media tanam sebab bisa membantu memenuhi ketersedian konsumsi cabai dalam keluarga dan tidak terpengaruh jika terjadi kenaikan harga di pasaran.

    Koordinator BPP Sinjai Utara Hj. Mardiana menyampaikan bahwa ada sekitar 100 pohon cabai yang berada di lahan BPP Sinjai Utara. Dalam masa pertumbuhannya meski curah hujan yang cukup tinggi namun hasilnya cukup memuaskan sebab sustem tanam yang dipakai menggunakan mulsa plastik.

    “Selain untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga para pegawai dan staf BPP, cabe ini juga kita jual melalui pedagang dan hasilnya untuk menambah pendapatan para staf khususnya yang masih beratatus non PNS, ” tambahnya.

    Dilahan BPP seluas satu hektarini bukan hanya cabai, tetapi juga berbagai jenis tanaman produktif yang dikembangkan seperti padi, buah naga, tomat dan terong.

    Sementara itu, Ketua TP PKK Kabupaten Sinjai Hj. A. Nurhilda Daramata Seto menyambut baik dan mendukung sepenuhnya program ini, ia juga mengharapkan agar pemanfataan lahan pekarangan sebagai kebun mini dapat diaplikasikan oleh masyarakat.

    “Hari ini kita panen cabai rawit dari program Gertac Sehati. Alhamdulillah hasilnya sangat baik, mudah-mudahan masyarakat kita juga bisa memanfaatkan pekarangan rumah kita dengan menanam tanaman produktif untuk memenuhi kebutuhan konsumsi keluarga kita, ” ucapnya.

    Selain melakukan panen cabai rawit, Istri Bupati Sinjai ini juga melakukan panen perdana tanaman padi yang juga berada di lahan BPP Sinjai Utara. (Tim Website)

    - Advertisement -spot_img

    Latest