spot_img
Saturday, April 20, 2024
More
    spot_img
    HomeBeritaKoperasi di Sinjai Disiapkan Jadi Penyalur Pembiayaan Kredit UMi

    Koperasi di Sinjai Disiapkan Jadi Penyalur Pembiayaan Kredit UMi

    Dengar SBFM Live di sini

    -

    Html code here! Replace this with any non empty raw html code and that's it.

    SINJAI-Dinas Koperasi, UKM dan Tenaga Kerja Kabupaten Sinjai melakukan fasilitasi terhadap koperasi yang ada di Sinjai untuk menjadi penyalur kredit ultra mikro (UMi) bagi pelaku usaha mikro dan kecil.

    Fasilitas permodalan UMi ini bertujuan untuk menyediakan fasilitas pembiayaan dan permodalan yang mudah dan murah bagi usaha mikro tanpa agunan dan resiko.

    Pelaksana Tugas Kadis Koperasi, UKM dan Tenaga Kerja Kabupaten Sinjai A. Ilham Abubakar, Rabu (18/8/2021) mengatakan bahwa pihaknya saat ini melakukan pendataan terhadap koperasi yang ada di Sinjai yang mampu menjadi penyalur kredit UMi.

    “Hari ini kita undang beberapa pengurus koperasi untuk mengikuti sosialisasi secara virtual dari Pusat Investasi Pemerintah (PIP) terkait hal ini, sebab PIP melalui KPPN yang melakukan verifikasi koperasi mana yang memenuhi sebagai penyalur kredit UMi, ” jelasnya.

    Menurut Ilham, Program UMi di Sinjai selama ini sudah berjalan di lembaga keuangan dan Pegadaian, namun salah satu kelemahan di lembaga ini adalah penerapan jaminan yang agak sulit bagi pelaku UMKM sehingga pihaknya akan melibatkan koperasi.

    “Jika koperasi sebagai penyalur kredit UMi maka persyaratan lebih lunak, pelaku usaha kecil dan mikro bisa mendapatkan bantuan modal dengan bunga cukup rendah 1-4 persen tanpa agunan,” ucapnya.

    Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setdakab ini optimis banyak koperasi di Sinjai yang mampu menjadi penyalur kredit sebab syarat utamanya adalah harus sehat dua tahun berturut-turut dengan rutin melakukan Rapar Anggota Tahunan (RAT) dan tidak memiliki utang piutang dari perbankan.

    Sementara itu Kepala Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Sinjai Anas Fazri yang juga mengikuti sosialisasi ini mengatakan bahwa pelibatan koperasi dalam program UMi merupakan salah satu tindaklanjut MoU yang telah ditandatangani oleh Bupati Sinjai Andi Seto Asapa (ASA) bersama Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan (DJPb) Provinsi Sulawesi Selatan pada bulan Mei lalu di Makassar.

    “Melalui sosialisasi ini menjadi sarana yang baik bagi Dinas Koperasi dan beberapa Koperasi di Sinjai untuk memahami peluang menjadi penyalur pembiayaan/kredit kepada usaha mikro di Sinjai,” jelasnya.

    Disamping itu, kata Anas, bagi Pemda Sinjai terbuka peluang untuk melakukan kerjasama program dengan PIP dalam rangka pembinaan kepada pelaku usaha kecil di Sinjai.(Tim Website)

    Related articles

    -
    Ubah Bahasa :
    -

    Latest posts