spot_img
Friday, April 26, 2024
More
    spot_img
    HomeBeritaTindaklanjuti MoU, Pemkab dan KPPN Sinjai Akan Jadikan Koperasi sebagai Penyalur Kredit...

    Tindaklanjuti MoU, Pemkab dan KPPN Sinjai Akan Jadikan Koperasi sebagai Penyalur Kredit UMi

    Dengar SBFM Live di sini

    -

    Html code here! Replace this with any non empty raw html code and that's it.

    SINJAI – Kepala Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Sinjai, Anas Fazri menerima kunjungan Pelaksana Tugas Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah (UKM) dan Tenaga Kerja Sinjai, A. Ilham Abubakar, Selasa kemarin (3/8/21).

    Kunjungan tersebut dalam rangka membahas rencana pembinaan koperasi, usaha kecil dan menengah sebagai tindak lanjut penandatanganan MoU antara Bupati Sinjai Andi Seto Asapa (ASA) dengan Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Sulawesi Selatan beberala waktu lalu.

    Dalam keterangannya Kepala KPPN Sinjai, Anas Fazri, Rabu (4/8/21)mengatakan, bahwa ada beberapa point yang dibahas dalam pertemuan tersebut, yaitu rencana penunjukan koperasi di Sinjai sebagai penyalur kredit UMi (usaha mikro) dan rencana mewujudkan sentra pembinaan dari hulu hingga ke hilir bagi usaha mikro dengan sebutan “Rumah Umi”.

    Seperti diketahui Pemerintah melalui Peraturan Menteri Keuangan nomor 22/PMK.05 /2017 meluncurkan Program Kredit UMi bagi pelaku usaha mikro, dimana mereka rata-rata tidak memiliki akses kredit perbankan karena keterbatasannya.

    Kredit UMi ini bukan sekedar menyuntikkan dana kredit kepada pengusaha mikro, tetapi ada kewajiban bagi penyalurnya untuk melakukan pendampingan kepada pengusaha mikro dalam menjalankan usahanya.

    Dalam pembicaraan tersebut, telah disepakati bahwa Dinas Koperasi UKM dan Tenaga Kerja akan melibatkan 4 koperasi untuk mengikuti sosialisasi penyaluran kredit UMi dengan narasumber dari Badan Layanan Umum (BLU) di bawah Direktorat Jenderal Perbendaharaan yaitu Pusat Investasi Pemerintah (PIP).

    Diharapkan dari 4 koperasi yang dinilai cukup sehat tersebut, ada yang memenuhi syarat dan lolos verifikasi untuk dapat menyalurkan kredit UMi di Sinjai dari BLU PIP.

    “Saat ini penyaluran kredit UMi dilakukan oleh PT Pegadaian, Permodalan Nasional Madani dan Koperasi Mitra Dhuafa yang rata-rata masih mensyaratkan adanya agunan kredit. Diharapkan penyaluran kredit UMi melalui koperasi tidak lagi mensyaratkan adanya agunan serta bunga yang lebih rendah,” kata Anas.

    Diharapkan melalui kolaborasi ini, usaha mikro di Sinjai akan bertumbuh dan makin bergairah dengan hadirnya pemerintah dalam sektor ini, yang pada akhirnya juga akan membantu pertumbuhan ekonomi di Sinjai. (Tim Website)

    Related articles

    -
    Ubah Bahasa :
    -

    Latest posts