spot_img
Friday, March 29, 2024
More
    spot_img
    HomeBeritaBukti Perhatian Bupati ASA, Tiap Tahun Tingkatkan Anggaran Seragam Sekolah Gratis

    Bukti Perhatian Bupati ASA, Tiap Tahun Tingkatkan Anggaran Seragam Sekolah Gratis

    Dengar SBFM Live di sini

    -

    Html code here! Replace this with any non empty raw html code and that's it.

    SINJAI – Pandemi Covid-19 yang masih belum berakhir dan adanya refocusing anggaran tidak menghalangi Pemerintah Kabupaten Sinjai dalam menyediakan seragam sekolah gratis bagi peserta didik baru.

    Terbukti, tahun ini Pemkab Sinjai telah mendistribusikan seragam sekolah gratis kepada peserta didik baru tingkat SD dan SMP baik sekolah yang berstatus negeri maupun swasta.

    Pemberian seragam sekolah gratis beserta perlengkapan sekolah lainnya ini merupakan program unggulan Pemkab Sinjai dibawah kendali Bupati Andi Seto Asapa (ASA) yang berjalan dalam tiga tahun terakhir ini.

    Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sinjai Andi Jefrianto Asapa saat ditemui di Ruang Kerjanya, Senin (19/7/21) mengatakan, bahwa sejak tahun 2019 program ini telah berjalan dan anggarannya pun tiap tahun mengalami peningkatan.

    “Ini bukti keseriusan Pemerintah Daerah dalam melaksanakan salah satu program prioritas di bidang pendidikan dengan tetap menggelontorkan anggaran APBD Kabupaten Sinjai yang alokasinya tiap tahun meningkat,” ujarnya.

    Jefrianto menguraikan, pada tahun 2019 anggaran yang dialokasikan untuk program ini berkisar Rp2,4 miliar untuk 6.737 siswa baru baik tingkat SD maupun sekolah SMP.

    Selanjutnya di tahun 2020, alokasi dana yang disiapkan mengalami peningkatan menjadi Rp2,6 miliar untuk jumlah siswa yang menghampiri 7 ribuan siswa.

    “Tahun lalu ada peningkatan jumlah siswa baru yang menghampiri angka tujuh ribuan sehingga kami tambah anggarannya sebesar 200 juta rupiah menjadi 2,6 miliar rupiah,” katanya.

    Sementara untuk tahun 2021 ini, alokasi dana APBD yang diberikan untuk pengadaan seragam sekolah gratis ini kembali meningkat menjadi Rp2,8 miliar sebab Pemkab juga menyiapkan untuk sekolah swasta yang ada dibawah naungan Dinas Pendidikan Sinjai.

    “Berdasarkan petunjuk dari bapak Bupati, tahun ini kita berikan juga seragam sekolah gratis untuk 6 sekolah swasta di Sinjai sehingga anggarannya pun kita tambah. Jumlah totalnya ada 6.621 paket seragam sekolah dan semua sudah kita distribusikan,” jelas Mantan Mepala Kantor Kesbangpol Sinjai ini.

    Prorgram ini katanya akan terus berlanjut dimasa-masa yang akan datang, bahkan pihaknya akan mengusulkan kepada Bupati ASA agar tahun depan program ini juga menyasar bagi para murid PAUD/TK yang ada di Sinjai.

    Dalam pengadaan seragam sekolah ini sama tahun sebelumnya yaitu dengan melibatkan para pelaku UKM atau penjahit lokal yang ada di Sinjai, dimana tahun ini ada 21 UKM yang terlibat dalam pengadaan seragam sekolah.

    “Tahun ini kita libatkan 21 penjahit lokal dengan kemampuan mereka menyiapkan tiga ribu pasang seragam sekolah, sedangkan sisanya dilakukan oleh pihak penyedia,” tambahnya.

    Terpisah, Bupati Sinjai ASA mengatakan, bahwa program ini merupakan program unggulan di bidang pendidikan unuk memotivasi para peserta didik baru. Selain itu, dalam menciptakan Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul dan berdaya saing.

    “Program ini diharapkan meningkatkan minat anak sekolah dan meringankan beban orang tua siswa terkhusus siswa yang baru masuk sekolah di tingkat SD dan SMP,” katanya. (Tim Website)

    Related articles

    -
    Ubah Bahasa :
    -

    Latest posts