spot_img
Wednesday, April 24, 2024
More
    spot_img
    HomeBeritaBupati ASA Bicara Peran Guru di Era Digital Tak Boleh 'Mati Suri'

    Bupati ASA Bicara Peran Guru di Era Digital Tak Boleh ‘Mati Suri’

    Dengar SBFM Live di sini

    -

    Html code here! Replace this with any non empty raw html code and that's it.

    SINJAI, – Bupati Sinjai Andi Seto Asapa (ASA), menjadi pembicara pada Opening Speaker di Webinar Pendidikan di Kabupaten Kulon Progo, Provinsi DI Yogyakarta, melalui virtual dari Rumah Jabatan (Rujab) Bupati, Selasa (29/6/2021).

    Dalam materinya, Bupati ASA yang juga Sekretaris Jenderal Bidang Pendidikan Dan Kebudayaan Asosiasi Pemerintah Seluruh Kabupaten Indonesia (APKASI) menekankan akan pentingnya peran guru di saat sekarang ini.

    Bukan tanpa alasan, sebab era digital, kata Bupati ASA, telah mengaburkan batas ruang dan waktu yang menyebabkan berubahnya pola pembelajaran dalam dunia pendidikan.

    Keadaan ini menuntut semua pihak untuk merubah paradigma pendidikan yang lampau menuju paradigma baru yang adaptif terhadap perkembangan zaman.

    Pembelajaran dalam pendidikan saat ini mulai bergeser dari tatap muka langsung dan menggunakan media konvensional menuju tatap muka virtual yang di support oleh teknologi digital. Misalnya buku dalam bentuk soft file, aplikasi pembelajaran, dan kemudahan mendapatkan materi yang disampaikan guru.

    “Khususnya kepada guru untuk pandai beradaptasi agar murid tidak menganggap peran guru dapat tergantikan oleh internet,” ungkap Bupati ASA.

    Oleh karena itu, APKASI sebagai mitra dan perpanjangan tangan pemerintah, dengan jaringan di seluruh wilayah Indonesia akan terus berkomitmen untuk mengawal dan mendukung guru-guru di daerah dalam penguasaan teknologi informasi di era digital ini.

    “APKASI bersama Yayasan Pendidikan Adiluhung Nusantara melalui media ‘Sahabat Guru’ siap mengawal literasi digital di daerah agar dapat bersaing di era digital,” sambungnya.

    Terakhir, Bupati ASA yang mewakili Ketua Umum APKASI berharap, jajaran Pemerintah Kabupaten Kulon Progo dapat memanfaatkan organisasi APKASI untuk dapat saling bertukar pengalaman dan saling bekerja sama untuk memajukan bangsa.

    “Media sahabat guru akan diberikan secara gratis untuk dapat diakses oleh seluruh guru di tanah air guna meningkatkan literasi dan mutu guru,” jelasnya.

    Webinar tersebut juga dihadiri dan diikuti Drs. Sutedjo selaku Bupati Kulon Progo, Dr. Hilmy Muhammad, yang merupakan Anggota DPD RI Komite Bidang Pendidikan, Wahid Yunianto SeameoQitep in Matematics, Drs. Miftakodin, Kepala Sekolah Berpretasi serta seluruh Guru Peserta Webinar Pendidikan & Launching Media Sahabat Guru di Kabupaten Kulon Progo. (Tim Website)

    Related articles

    -
    Ubah Bahasa :
    -

    Latest posts