spot_img
Friday, March 29, 2024
More
    spot_img
    HomeBeritaTingkatkan Kemampuan Petugas, Dinkes Gelar Orientasi Program Penanggulangan Penyakit Kusta

    Tingkatkan Kemampuan Petugas, Dinkes Gelar Orientasi Program Penanggulangan Penyakit Kusta

    Dengar SBFM Live di sini

    -

    Html code here! Replace this with any non empty raw html code and that's it.

    SINJAI – Dalam upaya menanggulangi penyakit kusta di wilayah Kabupaten Sinjai, Dinas Kesehatan (Dinkes) Sinjai melaksanakan orientasi program penanggulangan penyakit (P2) kusta bagi petugas puskesmas tingkat Kabupaten Sinjai.

    Orientasi yang berlangsung di Aula Pertemuan Hotel Rofina resmi dibuka oleh Kepala Dinas Kesehatan Sinjai dr. Emmy Kartahara Malik, Senin (14/6/2021).

    Dia mengatakan, bahwa tujuan dilaksanakannya orientasi program penanggulangan penyakit kusta agar petugas dokter dan tenaga kesehatan (nakes) mampu mengidentifikasi yang mengarah pada penyakit kusta kemudian ditindak lanjuti dengan beberapa tes untuk menunjang dianogsa.

    “Jadi kita ingin lebih meningkatkan lagi kemampuan dari para petugas untuk menjaring pasien-pasien kusta yang ada dibawah. Dengan harapan kedepan atas peran kita bersama semoga kita dapat mengeliminasi kusta,” ungkapnya.

    Dikatakan bahwa untuk menjaring pasien pihaknya menugaskan tenaga kesehatan di masing-masing wilayah puskesmas.

    “Upaya yang dilakukan kita harus menemukan penyakit kusta, sehingga kita bisa obati karena dengan mengobati pasien lebih awal atas kecatatannya bisa kita tekan dan penyebarannya juga bisa kita atasi,” ujarnya.

    dr. Emmy berharap, pertemuan ini dapat menghasilkan tenaga kesehatan yang terlatih dan berkualitas yang dapat meningkatkan deteksi dini sehingga target eliminasi kusta pada 2024 dapat tercapai.

    “Semoga mereka dapat mengambil ilmu dari pertemuan ini sehingga nanti bisa diterapkan dilapangan supaya target eleminasi 2024 bisa tercapai,” kata dia.

    Orientasi pertemuan yang diikuti dokter poli, pengelola program dan pendimping atau kader kesehatan, menghadirkan narasumber dari Dinas Kesehatan Provinsi Sulsel. (Tim Website)

    Related articles

    -
    Ubah Bahasa :
    -

    Latest posts