Pandemi Covid-19, Pemkab Sinjai Maksimalkan Program Home Care dan Home Visit

0
58

SINJAI – Meski pandemi Covid-19 belum berakhir, sejumlah program unggulan Pemerintah Kabupaten Sinjai dibawah kendali Bupati Andi Seto Asapa (ASA) tetap dilaksanakan.

Salah satunya adalah program home care dan home visit yang merupakan program prioritas di bidang kesehatan. Program ini telah berjalan sejak awal kepemimpinan Bupati ASA dan Wakil Bupati Hj. A. Kartini Ottong. Program ini terbukti sangat dirasakan manfaatnya secara langsung oleh masyarakat.

Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan Sinjai H. Mahyuddin saat ditemui, Kamis (27/5/21) menerangkan, bahwa pandemi Covid-19 tidak berpengaruh terhadap capaian program unggulan Pemerintah Daerah khususnya di bidang kesehatan.

Bahkan menurutnya, di masa pandemi ini program home care dan home visit semakin digiatkan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Melalui home care kata Mahyuddin, pelayanan kesehatan dilakukan di rumah atau melalui door to door sehingga masyarakat tidak perlu lagi datang berobat ke tempat pelayanan kesehatan.

Demikian juga home visit, para petugas kesehatan memberikan edukasi dan penyuluhan yang mengarah pada upaya promotif dan preventif.

“Di pandemi Covid-19 teman-teman di puskesmas tetap melaksanakan tugasnya dengan tetap mematuhi protokol kesehatan, bahkan kita makin giat melakukan dengan memberikan edukasi dari rumah ke rumah terkait bagaimana menekan penyebaran Covid-19,” jelasnya.

Berdasarkan data yang disampaikan, pada tahun 2020 lalu, angka kunjungan home care mencapai 4 ribu lebih sedangkan angka kunjungan home visit mencapai sekitar 5 ribu lebih.

Sementara untuk tahun 2021 ini, dari pelayanan yang dilakukan oleh 16 puskesmas, periode Januari hingga Maret, kunjungan home care sebanyak 1.266 dan kunjungan home visit sebanyak 2.946 kunjungan.

Terkait hal ini, Bupati ASA mengatakan bahwa pelayanan kesehatan melalui program home care dan home visit direalisasikan untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat apalagi di tengah pandemi saat ini dimana mobilitas masyarakat masih terbatas.

“Pandemi Covid-19 menyebabkan ketakutan pasien datang ke fasilitas pelayanan kesehatan, meski demikian pasien tak perlu khawatir dengan kebutuhan layanan medis karena ada petugas kesehatan secara rutin berkunjung ke rumah-rumah warga melalui program home care dan home visit, namun kami harap tetap patuhi protokol kesehatan dan menjadi contoh di tengah masyarakat,” imbaunya. (Tim Webiste)