Dinkes Sinjai Terus Genjot Vaksinasi untuk Lansia

0
210

SINJAI – Dinas Kesehatan Kabupaten Sinjai terus menggenjot proses vaksinasi Covid-19 dengan target utama para kaum lanjut usia atau lansia. 

Berdasarkan data saat ini, capaian vaksinasi bagi para lansia di Sinjai baru mencapai 1,2 % dari target penerima 22.255 jiwa.

“Dari target 22.255 sasaran lansia sampai saat ini baru mencapai 1,2 % atau 273 orang yang sudah divaksinasi,” kata Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P ) Dinkes Sinjai, Akhriani saat ditemui di Ruang Kerjanya, Kamis (27/5/21).

Ia menjelaskan, pemberian vaksin menyasar kepada tiga kategori di antaranya tenaga kesehatan, pelayan publik dan masyarakat. Vaksinasi untuk tenaga kesehatan sudah mencapai 113% atau 1.982 orang, sementara untuk pelayan publik, baru mencapai 47,8 % atau 9.041 orang yang sudah divaksin.

Diakuinya perkembangan vaksinasi untuk tahap kedua khususnya para lansia memang angkanya belum menggembirakan sampai saat ini.

Menurut Akhirani, rendahnya cakupan vaksinasi khususnya terhadap lansia karena beberapa faktor, di antaranya kekhawatiran lansia menderita penyakit lanjutan setelah mengikuti vaksinasi.

Meski demikian pihaknya gencar melakukan sosialisasi melalui seluruh Puskesmas yang ada termasuk merancang strategis untuk melakukan percepatan vaksinasi bagi para lansia.

“Kami telah sampaikan ke seluruh Puskesmas untuk vaksinasi lansia ini kiranya agar setiap aparat desa ditargetkan minimal membawa 5 orang lansia untuk ikut vaksinasi,” jelasnya.

Bukan hanya itu, upaya yang juga akan ditempuh yakni, pihaknya akan membuka hotline pendaftaran melalui website pemerintah daerah yang dikhususkan untuk kalangan lansia.

“Semoga dengan dukungan dan upaya yang dilakukan secara bersama-sama ini bisa menjangkau lebih banyak lagi lansia-lansia di Sinjai agar mau mengikuti vaksinasi ini,” harapnya.

Tidak hanya lansia yang menjadi prioritas utama, namun guru juga mejadi sasaran utama saat ini dalam rangka rencana pembelajaran tatap muka di Sinjai. (Tim Website)