Meski Belum Ada Kepastian, Kemenag Sinjai Tetap Rampungkan Dokumen CJH

0
130

SINJAI – Persiapan pemberangkatan calon jemaah haji kuota tahun 2021 terus dilakukan meski belum ada informasi resmi dari pemerintah Arab Saudi terkait izin pemberangkatan calon jemaah haji (CJH).

Kelengkapan dokumen hingga pemberian vaksin bagi calon jamaah haji terus dilakukan dirampungkan sambil menunggu informasi resmi dari pemerintah Arab Saudi.

Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) Kantor Kemenag Kabupaten Sinjai H. Syamsu Alam, saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (24/5/21) mengungkapkan kesiapan pihaknya dalam memberangkatkan calon jemaah haji kabupaten Sinjai tahun ini.

Dijelaskannya, seluruh dokumen kelengkapan haji seperti paspor dan dokumen lainnya sudah hampir rampung. Selain dokumen para calon jamaah haji yang direncanakan berangkat tahun ini juga sudah dilakukan vaksinasi serta mendapatkan pembekalan bimbingan manasik haji secara terbatas.

“Persiapan teknis dokumen dan vaksinasi sudah rampung 90 persen. Intinya saat ini kami telah siap memberangkatkan seluruh calon jamaah haji Sinjai yang tahun ini berjumlah 232 orang. Begitu ada izin dari pemerintah Arab Saudi maka kami pun siap melayani para calon jamaah haji untuk proses pemberangkatan ke tanah suci,” ujarnya.

Termasuk adanya informasi yang berkembang terkait opsi pemberangkatan 50 persen dari kuota normal, Kemenag Sinjai juga sudah siap melaksanakan mekanisme tersebut.

“Jika nantinya yang diperbolehkan berangkat hanya 50 persen dari kuota berdasarkan nomor antrian atau ada pembatasan usia, kita juga telah siap dengan mekanisme tersebut,” jelasnya.

Syamsu Alam menjelaskan, seyogyanya jika kondisi normal, jadwal pemberangkatan kloter pertama dari Indonesia diberangkatkan pada tanggal 17 Juni mendatang.

Untuk diketahui, seksi PHU masih terus melayani pendaftaran haji di masa pandemi ini. Selain pendaftaran haji, pihaknya juga melayani penarikan dana jemaah. (Tim Website)

Previous articlePenangkaran Varietas Jagung Hibrida Diperluas ke Kecamatan Tellulimpoe
Next articleGiliran Guru PAUD dan TK di Sinjai Divaksin