Baznas Tingkatkan Potensi Zakat di Sinjai

0
68

SINJAI – Sebagai lembaga resmi yang di percaya oleh Pemerintah dalam mengelola zakat, Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Sinjai bekerja maksimal dalam mengumpulkan Zakat, Infak dan Sedekah (ZIS) dari para Muzakki.

Ketua Baznas Sinjai Ahmad Muzakkir saat ditemui, Senin (10/5/21) mengatakan, bahwa antusiasme masyarakat dalam mempercayakan pengelolaan ZIS kepada Baznas Sinjai semakin baik.

“Tahun ini antusiasme masyarakat sangat lumayan terhadap Baznas, apalagi sistem pengelolaan kita profesional dan sistem perhitungannya sudah menggunakan aplikasi sehingga data-data pengelolaan zakat itu transparan,” jelasnya.

Menurutnya, hampir semua ASN dan masyarakat luas di Sinjai menyalurkan ZIS melalui Baznas Sinjai, terbukti dalam bulan ramadan ini rata-rata dalam sehari pihaknya menerima langsung sekitar 12-15 juta rupiah setiap hari.

“Selama ramadan Sekretariat Baznas menambah jam pelayanan dan Alhamdulillah masyarakat yang datang langsung menyetor zakatnya semakin meningkat, biasanya kami mengumpulkan hingga 15 juta rupiah dalam sehari,” tuturnya.

Belum lagi zakat yang terkumpul melalui door to door ke setiap desa/kelurahan, dimana per desa biasanya mengumpulkan 40-80 juta rupiah.

Untuk penyalurannya zakat ini, kata Ahmad, sudah mulai berjalan di setiap dusun dengan sasaran rumah tangga fakir miskin masing-masing mendapatkan 200-230 ribu rupiah setiap rumah.

“Dana zakat yang kami himpun ini, kami kelola dan kami salurkan melalui berbagai program yang sudah berjalan, minggu lalu kami bagikan 300 paket sembako kepada petugas kebersihan dan rencana kita akan berikan bantuan kepada warga yang terkena imbas dari Covid-19,” tutupnya. (Tim Website)