KPPN Sinjai Bayarkan THR ASN Pusat Sebesar Rp4,6 Miliar

0
124

SINJAI, – Tunjangan Hari Raya (THR) bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) Pusat telah dibayarkan Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Sinjai.

Demikian diungkapkan Kepala KPPN Sinjai, Anas Fazri,saat melakukan konferensi pers dengan awak media di Kantornya, Senin sore (3/5/2021).

“Alhamdulillah seluruh Satker Pusat di Sinjai telah dicairkan THR-nya hari ini,” kata Anas.

Lebih lanjut dikatakan, jumlah ASN pusat yang menerima THR tahun ini sebanyak 1.143 orang di 20 satuan kerja (Satker) KPPN Sinjai. Total anggaran yang digelontorkan Pemerintah Pusat khusus THR di Sinjai sebesar Rp4,6 miliar lebih.

“Itu sudah termasuk pegawai non ASN yang terima THR tahun ini,” tambahnya.

Sedang untuk besaran THR yang diterima, menurut Anas disesuaikan dengan besaran gaji yang diterima pada bulan sebelumya atau April 2021 lalu.

“Kalau THR tidak ada potongan, beda dengan gaji per bulannya yang dipotong untuk premi BPJS kesehatan misalnya dan sebagainya. Jadi THR ini tanpa potongan atau lebih besar nilainya sedikit,” sambungnya.

Pembayaran THR mengacu pada Peraturan Pemerintah Nomor 63 Tahun 2021 dan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 42/PMK.05/2021 sebagai petunjuk teknisnya. Regulasi diatas mengatur pembayaran THR dan Gaji Ketigabelas.

“Regulasi itu berbeda dari tahun sebelumnya, dimana THR dan Gaji Ketigabelas diberikan kepada seluruh aparatur negara tanpa memandang eselonnya, dimana tahun lalu untuk eselon II ke atas tidak menikmati THR,” jelasnya.

Sebagaimana siaran pers Menteri Keuangan tanggal 29 April lalu, pembayaran THR tahun 2021 dapat dibayarkan mulai 10 hingga 5 hari kerja sebelum hari raya Idul Fitri. Hal ini dimaksudkan agar bisa menjadi salah satu faktor untuk mendorong konsumsi masyarakat sehingga dapat membantu akselerasi pemulihan ekonomi.

“Oleh karena itu sangat penting bagi kami untuk menjaga agar pembayaran THR ini tidak kehilangan momentum, sehingga hari Sabtu dan Minggu pun, kami ikhlas lembur agar THR dapat diterima para pegawai secepatnya minggu ini sebelum lebaran,” jelasnya. (Tim Website)