Giliran Nama Bupati ASA Dicatut, Humas Kominfo: Itu Aksi Penipuan

0
159

SINJAI, – Modus baru penipuan dengan mencatut nama orang lain di sebuah akun media sosial (Medsos) seperti aplikasi WhatsApp (WA) kembali terjadi di Kabupaten Sinjai.

Ironisnya, pelaku penipuan mencatut nama dan foto Bupati Sinjai Andi Seto Asapa (ASA) sebagai foto profil di akun WA tersebut untuk mengintai calon korbannya.

Informasi ini kemudian beredar di (FB) dan diunggah pertama kali akun Aponk AS-Sinjaiy di salah satu group publik. Beragam tanggapan akhirnya muncul dari para warga net terkait hal itu.

Dalam sebuah percakapan di WA itu, pelaku yang mengatasnamakan dirinya Bupati ASA bertanya dengan pengurus masjid Al-Amir. Belum jelas Masjid yang dimaksud berlokasi di daerah mana, yang jelas dalam percakapan pelaku meminta sebuah nomor rekening masjid.

Menanggapi hal itu, Kepala Seksi (Kasi) Humas Dinas Komunikasi, Informatika (Kominfo) dan Persandian Sinjai, Iswan Ahmad, menegaskan, jika hal itu adalah bentuk penipuan. Apalagi nomor telepon yang digunakan dalam akun WA itu, jelas bukan nomor pribadi Bupati ASA.

“Itu tidak benar, hanya mencatut nama dan foto pak Bupati saja”, kata Iswan, Rabu (28/4/2021).

Untuk itu, Iswan mengimbau masyarakat untuk tidak melayani hal yang seperti ini, karena jelas kata dia ini murni penipuan yang mengatasnamakan Bupati ASA.

Kejadian ini kata Iswan, bukan yang pertama kali. Sebelumnya, pekan lalu, aksi penipuan dengan modus yang sama juga mengintai sejumlah pejabat di Kabupaten Sinjai, khususnya pejabat eselon II yang baru saja dilantik sebagai Kepala Dinas.

“Kepada masyarakat Sinjai, kami mengimbau untuk tidak melayani pesan yang mengatasnamakan pak Bupati,” tandasnya.

Sebelumnya pekan lalu, pesan WA dengan modus mencatut nama dan foto seseorang juga terjadi. Korbannya adalah Kadis Tanaman Pangan Holtikultura dan Perkebunan Sinjai, Kamaruddin, Kepala Dinas Sosial, Andi Muh Idnan.

Tidak hanya itu pejabat lainnya yang pernah dicatut namanya dalam sebuah pesan singkat dan WA, ialah Kepala Bappeda Sinjai Irwan Suaib, dan Sekretaris Dinkes Sinjai, drg Farina Irfani. (Tim Website)