spot_img
Friday, April 19, 2024
More
    spot_img
    HomeBeritaMenjanjikan, Petani di Sinjai Dapat Bantuan 3 Hektar Bibit Porang

    Menjanjikan, Petani di Sinjai Dapat Bantuan 3 Hektar Bibit Porang

    Dengar SBFM Live di sini

    -

    Html code here! Replace this with any non empty raw html code and that's it.

    SINJAI – Melalui Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan (TPHP) Kabupaten Sinjai, tahun ini para petani di Sinjai mendapatkan bantuan tanaman berjenis porang dengan luas lahan 3 hektar.

    Bantuan ini berasal dari Pemerintah Provinsi Sulsel seluas 2 hektar dan 1 hektar dari Pemerintah Pusat atau Kementerian Pertanian. Dalam 1 hektar ini ada sebanyak 20 ribu bibit pohon porang.

    Kepala Dinas TPHP Sinjai, Kamaruddin, saat ditemui, Selasa (27/4/21) mengatakan bahwa bantuan porang ini akan diberikan kepada kelompok tani yang ada di Kecamatan Sinjai Borong, Sinjai Selatan dan Sinjai Tengah.

    “Bantuan porang dari Pemerintah Provinsi Sulsel sebagian sudah diterima oleh kelompok tani kita yaitu masing-masing 10 ribu bibit porang di Sinjai Borong dan di Sinjai Selatan, sedangkan sisanya kita dijanjikan pada bulan Juni mendatang,” katanya.

    Sementara untuk bantuan 1 hektar tanaman Porang dari Pemerintah Pusat nantinya akan disalurkan kepada kelompok tani yang ada di Kecamatan Sinjai Tengah.

    Bantuan bibit porang gratis ini salah satu penjabaran dari program unggulan Pemkab Sinjai dalam bidang pertanian dengan harapan bisa menggairahkan petani di Sinjai untuk membudidaya tanaman porang sehingga bisa meningkatkan kesejahteraannya.

    Menurutnya, tanaman berjenis porang ini sangat cocok dengan kondisi tanah di wilayah Kabupaten Sinjai bahkan memiliki nilai jual yang tinggi.

    Saat ini banyak masyarakat di Sinjai secara swadaya membudidayakan tanaman porang di lahan kebun maupun di pekarangan rumah warga.

    “Kalau pemasaran saya kira petani tidak akan kesulitan karena pengusaha yang datang langsung ke petani untuk membeli jika sudah dipanen,” ujarnya.

    Sekaitan dengan itu, Kementerian Pertanian saat ini juga tengah fokus mendorong petani mengembangkan tanaman porang karena memiliki pasar ekspor yang menjanjikan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan pertumbuhan ekonomi nasional.

    Pasar ekspor porang meliputi, Jepang, Taiwan, Korea dan China serta beberapa negara di Eropa. (Tim Webite)

    Related articles

    -
    Ubah Bahasa :
    -

    Latest posts