Pemkab Sinjai Bangun 4 Paket Jalan Usaha Tani Tahun Ini

0
75

SINJAI – Pemerintah Kabupaten Sinjai berkomitmen agar pendapatan petani bisa meningkat dan sejahtera, salah satunya dengan mempermudah akses petani untuk membawa hasil produksi dari sawah melalui pembangunan dan rehabilitasi Jalan Usaha Tani (JUT).

Untuk tahun 2021 ini, Pemkab Sinjai melalui Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan (TPHP) Kabupaten Sinjai kembali akan membangun 4 paket jalan usaha tani.

Kepala Seksi Lahan Irigasi, Pembiayaan dan Investasi Dinas TPHP Sinjai, Hamiruddin, saat ditemui di Ruang Kerjanya, Selasa (20/4/21) mengatakan bahwa 4 paket jalan ini tersebar di 3 kecamatan yakni di Desa Talle dan Desa Songing Kecamatan Sinjai Selatan, Desa Saotanre Kecamatan Sinjai Tengah dan Kelurahan Mannanti, Kecamatan Tellulimpoe.

Dalam satu paket ini panjangnya bermacam-macam tergantung kondisi lahan dan jenis pekerjaannya apakah itu perintisan atau perkerasan. Anggarannya berasal dari dana DAK, dimana masing-masing per paketnyanya itu senilai 190 juta rupiah,” katanya.

Adapun dalam pelaksanaannya akan dilakukan secara swakelola oleh kelompok tani yang ada di wilayah tersebut.

Jalan tani ini menurutnya, sangat bermanfaat untuk mendukung akses para petani dalam pengangkutan sarana produksi ke lokasi persawahan dan membantu mengakses pengangkutan hasil produksi dari lokasi ke pasar.

“Jalan tani ini memang sangat dibutuhkan para petani kita karena berdasarkan survei kami ada beberapa sawah yang terisolir dan memang membutuhkan perintisan jalan agar memudahkan dalam pengangkutan hasil produksi,” jelasnya.

Sejak dibawah kepemimpinan Bupati Andi Seto Asapa (ASA) hingga tahun 2020 kemarin Pemkab Sinjai telah membangun dan memperbaiki 44 paket jalan usaha tani yang tersebar di 8 kecamatan kecuali Kecamatan Pulau Sembilan.

Program ini merupakan salah satu program unggulan Bupati Andi Seto Asapa dan Wakil Bupati Hj. Andi Kartini Ottong dalam rangka peningkatan produksi pertanian.

Selain itu, Dinas TPHP Sinjai juga melakukan upaya modernisasi pertanian di Sinjai dengan memberikan sejumlah bantuan berupa alat pertanian maupun bantuan bibit tanaman pangan dan hortikultura. (Tim Website)