spot_img
Friday, March 29, 2024
More
    spot_img
    HomeBadan Penelitian dan Pengembangan DaerahBalitbangda Sinjai : Rencana Kawasan Sport Center Layak Dibangun

    Balitbangda Sinjai : Rencana Kawasan Sport Center Layak Dibangun

    Dengar SBFM Live di sini

    -

    Html code here! Replace this with any non empty raw html code and that's it.

    SINJAI – Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda) Kabupaten Sinjai menggelar ekspose akhir studi kelayakan rencana pembangunan kawasan Sport Center yang rencananya berada di Eks Kantor Bupati Sinjai.

    Ekspose ini berlangsung di Aula Kantor Balitbangda Sinjai yang dihadiri oleh Tim Ahli dari Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar dan beberapa instansi teknis Lingkup Pemkab Sinjai, Jumat (9/04/21).

    Ketua Tim Ahli dari Unhas Makassar, Ir Abdul Mufti Radja, menyampaikan bahwa ekspose ini merupakan final dari hasil kajian yang dilaksanakan selama dua bulan terakhir, dimana berdasarkan penilaian aspek sosial, ekonomi dan tata ruang, maka layak dilanjutkan pembangunan kawasan Sport Center.

    “Lokasi ini sudah layak dikembangkan menjadi kawasan Sport Center sebab kami melihat dari aspek tata ruang dengan sudah adanya beberapa fasilitas olahraga yang ada disini,” tuturnya.

    Meski demikian, ada beberapa rekomendasi yang harus dilakukan untuk mendukung kawasan ini misalnya masterplan kawasan olahraga, masterplan drainase, kajian lingkungan, kajian lalu lintas dan kajian tata bangunan.

    Kepala Balitbangda Sinjai Arifuddin menerangkan, bahwa berdasarkan pemaparan dari tim ahli Unhas Makassar terkait penyusunan dokumen kelayakan pembangunan Sport Center pada prinsipnya layak dengan beberapa rekomendasi.

    “Beberapa rekomendasi yang sudah disampaikan tadi perlu ditindaklanjuti karena ini sangat penting agar tidak ada permasalahan dikemudian hari sehingga pemanfaatannya bisa digunakan dalam jangka panjang,” katanya.

    Setelah ekspose ini, hasil dokumen penyusunan kajian pembanguna kawasan Sport Center akan menjadi rekomendasi untuk disampaikan kepada instansi terkait dalam hal ini Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Sinjai.

    Sementara itu, Kadispora Sinjai Hasir Achmad, yang turut hadir dalam kegiatan ini mengaku bersyukur dan mengucapkan terima kasih kepada Balitbangda Sinjai dan Unhas Makassar yang sudah melakukan kajian ini dan dinyatakan layak untuk dibangun.

    “Apa yang menjadi rekomendasi dari tim ahli akan menjadi masukan buat kami, kita berharap pembangunan kawasan olahraga ini bisa berlangsung lancar, apalagi ini merupakan salah satu program unggulan Bupati Sinjai dalam bidang pengembangan olahraga,” katanya.

    Pihaknya juga sudah mempersiapkan berbagai perencanaan pembangunan gedung Olahraga di Kawasan Sport Center, termasuk pembangunan rehabilitasi sarana dan prasarana lainnya yang akan digunakan dalam Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) tahun depan.

    “Pelaksanannya tinggal menunggu kebijakan anggaran yang telah kita ajukan ke Pemprov, dengan adanya anggaran tersebut kita akan mulai dari perencanaan, DED dan invetarisasi prasarana olahraga yang akan diprioritaskan untuk digunakan pada ajang Porprov,” tandasnya.

    Mantan Kabag Umum Setdakab Sinjai ini menambahkan, bahwa didalam Kawasan Sport Center nantinya berbagai cabang olahraga didalamnya mulai dari sepak bola, atletik, futsal, bola basket, renang, bola volly, tennis lapangan serta jenis olahraga lainnya. (Tim Website)

    Related articles

    -
    Ubah Bahasa :
    -

    Latest posts