Melalui Program Literasi Bersahaja, Kejari Sinjai Adakan Edukasi Hukum bagi Warga Lappa

0
42

SINJAI – Setelah launching pada awal bulan Maret lalu, Program Literasi Bersahaja (Bersahabat Jaksa) yang merupakan program kolaborasi antara Kejaksaan Negeri Sinjai dengan Forum Taman Baca Masyarakat (FTBM) Sinjai mulai melakukan sosialisasi.

Kelurahan Lappa, Kecamatan Sinjai Utara menjadi lokasi pertama pelaksanaan program tersebut. Kegiatan dalam bentuk sosialisasi dan edukasi hukum ini berlangsung di Aula Sentra Industri Hasil Pengolahan Perikanan Lappa, Rabu siang (7/04/21).

Kepala Kejari Sinjai, Ajie Prasetya yang membuka kegiatan ini menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk membuka wawasan masyarakat mengenai berbagai ilmu pengetahuan khususnya dibidang hukum.

Output dari kegiatan ini tentu saja agar masyarakat taat dan melek hukum serta mengidentifikasi permasalahan-permasalahan yang terjadi di masyarakat yang belum terpecahkan, sehingga saya kira kegiatan ini harus dilakukan secara konsisten dengan melibatkan elemen masyarakat,” tandasnya.

Sementara itu, Ketua Forum TBM Sinjai Mirfayani Mirsal, menuturkan bahwa kegiatan ini sebagai langkah awal mengidentifikasi beberapa persoalan dan masalah sosial yang terjadi di masyarakat yang terkadang menimbulkan gesekan atau konflik.

“Setelah diidentifikasi lalu dievaluasi kemudian mencari solusi sehingga masalah sosial bisa diminimalisir. Bersama dengan Bapak Kejari dan jajarannya, kami dari Forum TBM mencoba mendalami keluhan-keluhan masyarakat yang berkaitan dengan hukum,” tuturnya.

Hadir membawakan materi adalah Kasi Intel Helmy Hidayat, tentang transparansi dalam pengurusan penertiban surat Izin kapal guna menghindari terjadinya penyimpangan yang mengarah pada tindak pidana korupsi.

Selain itu pemateri lainnya Kepala Seksi Pengelolaan Barang Bukti dan Rampasan (PB3R) Kejari Sinjai, Alifin N Wana, dengan materi kenakalan remaja, miras, narkoba, dan tindak pidana lainnya dan Rozalina Abidin selaku Jaksa Fungsional dengan materinya tentang kekerasan terhadap perempuan dan peradilan anak.

Kegiatan ini dihadiri oleh perwakilan dari Camat Sinjai Utara dan Perwakilan dari Lurah Lappa, Kapolsek Sinjai Utara AKP Fredy Nalle, Babinsa, Bhabinkantibmas dan Ketua Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Sinjai. Adapun pesertanya adalah para Kepala Lingkungan se-Kelurahan Lappa, para Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, dan Tokoh Pemuda. (Tim Website)