spot_img
Thursday, April 18, 2024
More
    spot_img
    HomeBadan Penanggulangan Bencana DaerahBPBD Sinjai Siapkan Langkah Antisipasi Hadapi Puncak Musim Penghujan

    BPBD Sinjai Siapkan Langkah Antisipasi Hadapi Puncak Musim Penghujan

    Dengar SBFM Live di sini

    -

    Html code here! Replace this with any non empty raw html code and that's it.

    SINJAI, – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan (Sulsel) mulai melakukan persiapan menghadapi perkiraan puncak cuaca ekstrem di musim penghujan.

    Kepala Seksi Kesiapsiagaan BPBD Sinjai, Syamsul Ahmad mengatakan, kini pihaknya telah melakukan sejumlah langkah antisipasi, dimulai dari selalu mengaktifkan posko, kordinasi ke seluruh desa, camat dan relawan di sembilan kecamatan.

    “Yang tak kalah pentingnya adalah penyebaran informasi dengan melalui media sosial informasi terkait dengan update setiap hari yakni prakiraan cuaca yang mengacu dari BMKG,” ujarnya, Selasa (23/3/2021).

    Selain itu Tim BPBD Sinjai juga mengaktifkan pemantauan potensi bencana, mengingat Kabupaten Sinjai terdapat potensi bencana alam longsor, angin kencang hingga banjir.

    Kecamatan yang rawan tanah longsor dan angin kencang berada di Kecamatan Sinjai Tengah, Sinjai Barat, Sinjai Borong dan sebagian Sinjai Selatan.

    Sedang yang berpotensi banjir berada di Ibukota Sinjai, Kecamatan Sinjai Utara dan Kecamatan Sinjai Timur. Dan potensi angin kencang berada di Kecamatan Pulau Sembilan.

    Menurut Syamsul, bahwa setiap tahunnya Sinjai memiliki masa waktu puncak hujan mulai April, Mei dan Juni. Dan jika ekstrem bisa berlanjut hingga akhir Juli.

    “Sekarang ini sudah mulai gejalanya yakni hujan deras setiap siang hingga sore hari,” sambungnya.

    Ia mengimbau masyarakat Sinjai untuk tetap waspada dengan cuaca yang akhir-akhir sulit untuk ditebak. Jika terjadi sesuatu, segera melaporkan ke BPBD Sinjai dan pemerintah setempat. (Tim Website)

    Related articles

    -
    Ubah Bahasa :
    -

    Latest posts