spot_img
Tuesday, April 23, 2024
More
    spot_img
    HomeBeritaPersiapan Porprov, 420 Atlet Sinjai Jalani Tes Fisik

    Persiapan Porprov, 420 Atlet Sinjai Jalani Tes Fisik

    Dengar SBFM Live di sini

    -

    Html code here! Replace this with any non empty raw html code and that's it.

    SINJAI – Persiapan jelang pelaksanaan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) 2022 mendatang, terus dilakukan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sinjai.

    Salah satunya dengan melakukan tes kondisi fisik atlet melalui tim kerja yang telah dibentuk KONI Sinjai sebelumnya, dengan melibatkan tiga Tenaga Ahli dari Universitas Negeri Makassar (UNM).

    Ketiganya merupakan Dosen Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK), diantaranya Prof Ihsan yang juga Satgas PON Sulsel, Dr Sahabuddin serta Ishak.

    Menurut Ketua KONI Sinjai, Suhardiman mengatakan, tes kondisi fisik yang dilakukan atlet persiapan Porprov ini diikuti 420 atlet dari 28 Cabang olahraga (Cabor) dibawah naungan KONI Sinjai.

    Terget tes kondisi fisik untuk memperoleh data sekaligus mengukur kemampuan atlet yang berpotensi mendapatkan medali di ajang olahraga terbesar di Sulawesi Selatan nantinya.

    “Jadi tes fisik ini untuk mengukur kemampuan atlet kita, siapa yang berpotensi kita bina selanjutnya, berpotensi untuk memperoleh medali kedepan,” katanya.

    Untuk jenis tesnya, Suhardiman mengatakan, ada 16 tahapan tes yang harus dijalani para atlet berupa lari 50 meter, tinggi badan, berat badan, medicine ball put, sit up 1 menit, push up 1 menit, half, squat jump 1 menit, side stepping whole body reaction, flexometer shutter 85 meter hand grip, dynamometer, push & pull dynamometer leg dynamometer, back dynamometer dan bleep tes.

    Agar pelaksanaannya tetap mengedepankan protokol kesehatan (Prokes), tes kondisi fisik dilakukan selama dua hari dengan membagi empat lokasi tes seperti, di Stadion H Andi Bintang, Indoor Futsal, Indoor Basket serta Indoor Lapangan Tenis yang semuanya berada di kawasan Sport Center.

    “Kita bagi jadi dua hari sesuai dengan protokol kesehatan, hari ini 210 dan hari Sabtu besok 210 dengan jumlah tester atau panitia tes fisik 11 orang,” sambungnya.

    Pelaksanaan tes kondisi fisik atlet Sinjai juga dipantau Kepala Seksi Pembibitan Iptek dan Tenaga Keolahragaan Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Sinjai, Asnal Arifin.

    Menurut Asnal, langkah KONI Sinjai dalam menatap Porprov 2022 sangat sambut baik pihaknya, sebab tes kondisi fisik menjadi bukti keseriusan dan sinergitas KONI Sinjai dalam mewujudkan harapan Bupati Sinjai Andi Seto Asapa (ASA) agar tidak hanya sukses dalam pelaksanaan tapi juga sukses prestasi.

    “Pemkab Sinjai melalui Dispora sangat merespon kegiatan tes kondisi fisik ini karena ini bentuk keseriusan Kabupaten Sinjai untuk mempersiapkan atletnya dalam pelaksanaan Porprov nanti. Apalagi pak Bupati sangat mengharapkan sukses dalam pelaksanaan dan berprestasi,” jelas Asnal yang juga Plt Kabid Peningkatan Prestasi Olahraga Dispora Sinjai ini. (Tim Website)

    Related articles

    -
    Ubah Bahasa :
    -

    Latest posts