Tim Penilai Lomba Desa Sambangi Desa Barania

0
179

SINJAI – Pelaksanaan penilaian lomba desa tingkat Kabupaten Sinjai memasuki hari kedua. Tim penilai dari Pemkab Sinjai menyambangi Desa Barania, Kecamatan Sinjai Barat, Rabu (17/03/21).

Tim Penilai yang dipimpin oleh Kepala Bidang Pemerintahan Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Sinjai, Drs. Abd. Halik, disambut oleh Pelaksana Tugas Camat Sinjai Barat A. Nasrun dan Kepala Desa Barania Firman M. Maddolangeng di Kantor Desa Barania dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Abdul Halik saat ditemui disela-sela penilaian mengatakan, bahwa penialaian evaluasi pembangunan desa tahun ini tetap sama dengan tahun sebelumnya yaitu mengacu pada Permendagri 81 tahun 2015 tentang evaluasi perkembangan desa dan kelurahan.

“Ada tiga bidang yang menjadi obyek penilaian yaitu pemerintahan desa, kewilayahan dan kemasyarakatan. Itu indikator yang kita nilai hari ini termasuk di desa lain yang mengikui lomba desa,” ujarnya.

Selain tiga indikator tersebut, inovasi yang dilahirkan oleh desa juga menjadi salah satu poin pada penilaian dalam lomba desa.

“Kita akan lihat untuk Desa Barania ini semoga inovasi yang diciptakan oleh Pemerintah Desa bisa menjadi nilai tambah untuk bersaing dengan desa lain yang telah dana akan dilaksanakan penilaian,” jelasnya.

Menurut Halik, lomba desa ini merupakan momentum untuk melihat sejauh mana progres pelaksanaan pembangunan di desa.

“Lomba desa ini bukan hanya sekedar mencari siapa yang terbaik akan tetapi yang paling utama adalah kita melihat proses-proses kegiatan yang dilaksanakan termasuk bagaimana potensi yang ada di desa itu bisa memberikan kontribusi pendapatan asli desa serta inovasi yang dilahirkan,” ujarnya.

Ia berharap, melalui lomba desa ini kolaborasi antara pemerintah setempat dengan masyarakat semakin baik khususnya dalan pelaksanaan pembangunan di desa, serta masyarakat aktif memberikan masukan kepada Pemerintah Desa terutama dalam kegiatan yang sesuai dengan indikator dalam Permendagri nomor 81 tahun 2015.

Sebelumnya Tim Penilai telah melakukan penilaian di desa Puncak pada Senin (15/03/21) dan setelah di Desa Barania, penilaian kembali akan dilanjutkan di Desa Lasia, Kecamatan Sinjai Timur pada Kamis besok (18/03/21).

Kegiatan Lomba Desa merupakan program rutin tiap tahun yang diharapkan mampu mendorong perbaikan mutu pelayanan Pemerintah Desa kepada masyarakat, mulai dari bidang pendidikan, kesehatan, ekonomi, sosial kemasyarakatan, ketertiban dan keamanan, maupun pemerintahan desa. (Tim Website)