Pemkab Gelontorkan Rp12 Miliar Pembangunan Infrastruktur di Kecamatan Sinjai Barat

0
128

SINJAI, – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sinjai kembali menganggarkan pembangunan infrastruktur di tahun 2021, khususnya di Kecamatan Sinjai Barat sebesar Rp12,7 miliar lebih.

Anggaran yang digelontorkan melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) tersebut meliputi tiga program diantaranya, bidang kebinamargaan berupa pembangunan jalan, pengembangan Sumber Daya Air (SDA) terkait rehabilitasi irigasi hingga keciptakaryaan, yaitu pembangunan sanitasi.

Kepala Bidang SDA PUPR Sinjai, Andi Syarifuddin, mengatakan, program pembangunan infrastruktur yang di maksud adalah pembangunan jalan ruas Gunung Perak-Balakia dengan anggaran Rp8,2 miliar lebih.

“Sumber dananya dari Dana Alokasi Khusus (DAK)”, kata Andi Syarif saat menghadiri Musrenbang RKPD tahun 2022 Tingkat Kecamatan di Aula Kantor Camat Sinjai Barat, Senin (8/3/2021).

Selanjutnya untuk program SDA, Andi Syarif mengemukakan, Kecamatan Sinjai Barat mendapat jatah empat paket yang tersebar di tiga desa.

Keempat paket tersebut adalah Daerah Irigasi (DI) Buke I Gunung Perak dengan anggaran Rp1,9 miliar, DI Bungasatta Desa Barania dengan anggaran Rp800 juta, DI Kampala Desa Turungan Baji Rp500, DI Tambariang Desa Turungan Baji dengan anggaran Rp944 Juta.

Sedangkan program keciptakaryaan, 1 paket pembangunan sanitasi di Desa Bonto Salama dengan anggaran Rp300 juta lebih.

“Untuk tahun ini total anggaran 2021 di Kecamatan Sinjai Barat sebanyak Rp12,7 miliar lebih,” tandasnya.

Sementara itu, Kepala Bappeda Sinjai Irwan Suaib, dihadapan peserta Musrenbang Kecamatan Sinjai Barat, mengatakan perhatian Pemkab Sinjai mengenai infrastruktur di Kecamatan Sinjai Barat memang sangat besar.

Terbukti di tahun 2020 lalu, Pemkab Sinjai mengalokasikan anggaran sebesar Rp56 miliar lebih, khusus peningkatan jalan dan jembatan. Belum termasuk rehabilitasi jaringan irigasi.

“Memang masih banyak yang masih butuh pembangunan, makanya kami meminta kerjasama semua pihak untuk sama-sama melihat skala prioritas kedepan,” jelasnya. (Tim Website)