spot_img
Friday, March 29, 2024
More
    spot_img
    HomeBeritaDiskopnaker Sinjai Cetak 700 Wirausaha Baru

    Diskopnaker Sinjai Cetak 700 Wirausaha Baru

    Dengar SBFM Live di sini

    -

    Html code here! Replace this with any non empty raw html code and that's it.

    SINJAI – Dinas Koperasi UKM dan Tenaga Kerja (Diskopnaker) Kabupaten Sinjai mencatat kurung waktu dua tahun telah melahirkan sekitar 700 wirausaha baru.

    Kepala Bidang Ketenagakerjaan Dinas Koperasi UKM dan Tenaga Kerja Sinjai, Lukman mengatakan, penciptaan wirausaha baru di Bumi Panrita Kitta di dukung dengan berbagai pelatihan yang telah dilakukan sepanjang tahun 2019 hingga tahun 2020. Pada tahun 2020, pihaknya berhasil mencetak 140 orang wirausaha baru.

    “Itu dibagi dalam 28 kelompok. Masing-masing kelompok terdiri lima anggota dengan berbagai jenis kegiatan,” ungkapnya saat ditemui di kantornya, Senin (8/3/2021).

    Untuk kegiatan menjahit kata Lukman, terdapat 12 kelompok dengan jenis bantuan mesin jahit dan peralatan lainnya, kemudian tata boga 12 kelompok dengan jenis bantuan peralatan dan jenis tata boga yang mereka butuhkan. Sedangkan empat kelompok lainnya dari perbengkelan.

    “Jadi jumlah 140 orang dari 28 kelompok itu tersebar di beberapa kecamatan yang ada di Kabupaten Sinjai,” katanya.

    Dalam pelatihan tersebut, pihaknya melakukan kerjasama dengan beberapa lembaga yang ada di Sinjai demikian juga kerjasama dari Kementerian Ketenagaakerjaan.

    Pada tahun 2021 ini, pihaknya akan kembali melakukan pelatihan berbasis kompetensi dengan jumlah peserta yang direncanakan sebanyak 20 orang. Pelatihan itu, rencananya dilaksanakan pada bulan Juni mendatang.

    “Saat ini sementara proses administrasi. Jadi nanti setelah lengkap barulah kita melakukan rekrutmen dan seleksi calon peserta,” bebernya.

    Dalam pelatihan ini calon peserta diprioritaskan bagi meraka yang menganggur dan anak putus sekolah. Mereka nantinya diberi pelatihan keterampilan menjahit.

    “Insya Allah kalau kita mendapat anggaran dari pusat, maka setelah melakukan pelatihan kita usahakan untuk memberikan lagi bantuan sarana dan prasarana,” kata Lukman.

    Program ini sebagai salah satu upaya mendukung program dan visi misi Bupati Sinjai dalam menciptakan wirausaha baru maupun tenaga kerja baru di Kabupaten Sinjai. (Tim Website)

    Related articles

    -
    Ubah Bahasa :
    -

    Latest posts