spot_img
Friday, March 29, 2024
More
    spot_img
    HomeBeritaPengembangan Sapi Perah Dilirik Investor, Bupati ASA: Ini Komitmen Kami Tingkatkan Pendapatan...

    Pengembangan Sapi Perah Dilirik Investor, Bupati ASA: Ini Komitmen Kami Tingkatkan Pendapatan Masyarakat

    Dengar SBFM Live di sini

    -

    Html code here! Replace this with any non empty raw html code and that's it.

    SINJAI – Gagasan Bupati Sinjai, Andi Seto Asapa (ASA) untuk mengembangkan sapi perah di Kabupaten Sinjai segera terwujud. Investor sapi perah melirik dan mulai melakukan identifikasi lapangan di Desa Barania, Kecamatan Sinjai Barat.

    Bupati ASA menyambut baik dan mendukung penuh rencana pihak swasta untuk menanam investasi di wilayahnya. Tentu hal ini akan berdampak positif dan berpengaruh terhadap peningkatan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat.

    Apalagi, pengembangan sapi perah ini pernah dilakukan di masa pemerintahan Bupati Sinjai, Andi Rudianto Asapa. Sehingga, potensi Sumber Daya Manusia (SDM), termasuk sarana dan prasarana yang dimiliki sudah cukup mumpuni untuk menjalankan aktifitas ini.

    “Kami mendukung penuh langkah ini, kami akan menjadikan pengembangan sapi perah menjadi sektor andalan Sinjai, mengembalikan susu Sinjai yang sudah beberapa tahun tidak tersentuh demi meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” jelas Bupati ASA.

    Investor sapi perah sendiri telah melakukan pertemuan dengan Bupati Sinjai di Rumah Jabatan Bupati, Minggu malam, (21/2/2021). Para investor tersebut didampingi oleh Mahmud Ahmad, konsultan di bawah naungan Alliance of Arthure D Little.

    Mahmud Ahmad yang juga berasal dari Sekolah Bisnis Institut Pertanian Bogor (IPB) mengatakan, Sinjai pernah mengembangkan sapi perah. Namun, dalam perjalanannya mandek karena terkendala pasar dan penyakit ternak.

    Oleh karena itu, kendala yang dialami waktu itu akan diatasi dengan ilmu pengetahuan. Untuk penyakit ternak, maka dokter hewan akan dilibatkan untuk mengantisipasi hal tersebut. Sementara untuk kendala pasar, investor telah menjalin kerja sama dengan perusahaan pengguna susu yang ada di Yogyakarta.

    “Jadi tidak ada lagi kendala pemasaran, perusahan akan membuat keju spesialis atau artisan untuk diekspor ke Filipina, Jepang, sementara kebutuhan dalam negeri di Jawa dan Bali,” bebernya.

    Oleh karena itu, Senin, 22 Februari ini, pihaknya melakukan survei detil dan identifikasi lapangan sebagai langkah awal investasi ini. Sebab, tahun ini pengembangan sapi perah akan dimulai. Pihaknya akan mendata petani yang pernah mengikuti pelatihan dan siap berpartisipasi dalam kegiatan ini.

    Termasuk menanyakan berapa jumlah sapi perah yang mau dikembangkan oleh masyarakat. “Selama dua minggu ke depan, kami akan melakukan indentifikasi di Sinjai Barat, tapi kalau melihat potensi Sinjai Barat, bisa 2 ribu sampai 3 ribu ekor sapi perah bisa dikembangkan,” tambahnya.

    Sementara itu, mantan Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Sinjai, Aminuddin Zainuddin yang turut mendampingi investor menyebut, pengembangan sapi perah memberi multi efek. Mulai dari peternak yang memberikan dampak kesejahteraan. Termasuk masyarakat yang mengonsumsi susu menjadi sehat.

    Rencananya, investor akan menanam investasi sebanyak 500 ekor sapi perah di Desa Barania. Sehingga ke depan, bukan hanya susu sinjai yang akan dihasilkan, melainkan diolah menjadi keju, mentega, dan sebagainya yang bisa dinikmati masyarakat luas.

    “Makanya sekitar 3 orang anggotanya tinggal melakukan survei, door to door ke petani, sehingga petani yang menerima sapi punya kesiapan memelihara, namanya juga orang menanam investasi maka untung ruginya dihitung betul,” bebernya. (Tim Website)

    Related articles

    -
    Ubah Bahasa :
    -

    Latest posts