spot_img
Tuesday, April 16, 2024
More
    spot_img
    HomeBeritaPemkab Bangun Jaringan Perpipaan SPAM Perkotaan Sepanjang 18 Kilometer

    Pemkab Bangun Jaringan Perpipaan SPAM Perkotaan Sepanjang 18 Kilometer

    Dengar SBFM Live di sini

    -

    Html code here! Replace this with any non empty raw html code and that's it.

    SINJAI – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sinjai pada tahun ini membangun jaringan perpipaan sistem penyediaan air minum (SPAM) perkotaaan sepanjang 18 kilometer.

    Kepala Bidang Cipta Karya Dinas PUPR Sinjai, Muhammad Sabri mengatakan, pembangunan jaringan perpipaan tersebut merupakan pekerjaan lanjutan yang telah dilaksanakan pada tahun 2019 lalu sepanjang 6 kilometer.

    “Pembangunan dilaksanakan di 12 ruas jalan yang ada di ibu kota Sinjai. Hal itu dilakukan untuk penggantian atau peremajaan pipa disrtribusi yang memang sudah cukup lama, sebagaimana kita ketahui bahwa beberapa jaringan dalam kota sudah mengalami kerusakan, sehingga memang butuh peremajaan,” ungkapnya saat ditemui di Ruang Kerjanya, Jumat (19/2/2021).

    Dia menjelaskan, pipa yang digunakan bervariasi ada pipa 8 inci, 6 dan 4 inci, itu merupakan bahan karet atau Pipa HDPE yang dari segi kualitas dan umur pemakaian biasa lebih lama dibanding dengan pipa yang selama ini digunakan.

    Pembangunan yang menelan anggaran sebesar Rp9 miliar lebih itu, bersumber dari Dana Insentif Daerah (DID). Ditargetkan pembangunan tersebut rampung pada bulan Juli mendatang.

    “Insya Allah kita targetkan selesai sampai Juli 2021. Targetnya bulan Juli, tetapi bisa jadi lebih cepat dari pada itu,” ujarnya.

    Untuk pemanfaatannya nanti kata Sabri, akan diserahkan kepada PDAM Sinjai. Namun setelah selesai pelaksanaan terlebih akan dilakukan running test untuk mengetahui keberfungsian jaringan yang telah dipasang.

    “Kalau masalah target untuk pemanfaatan saya kira ini sudah bisa dimanfaatkan sepenuhnyta tahun depan, kalau semua jaringan pelengkap yang dibangun sudah di koneksikan,” tandasnya.

    Sabri menyebut, beberapa ruas yang dilakukan pembangunan pada tahun ini yakni, ruas jalan Bulu Manyurung tembus Persatuan Raya, Jalan Sudirman tembus Persatuan Raya, Jalan Lompo Battang tembus Jalan Kelapa- tembus Kantor Kesbangpol.

    Kemudian Jalan Kelapa tembus Jembatan Tui, Jalan Teratai, Jalan Baronang, Jalan Amanagappa tembus Pantai Galau, Jalan Taripang, Cappa Ujung, Poros Sinjai-Kajang, dan satu ruas untuk jalur pipa induk di Palla atau sumber reservoir. (Tim Website)

    Related articles

    -
    Ubah Bahasa :
    -

    Latest posts