spot_img
Tuesday, March 19, 2024
More
    spot_img
    HomeBeritaTahun Ini Penilaian Lomba Desa Akan Digelar Dengan Nuansa Beda

    Tahun Ini Penilaian Lomba Desa Akan Digelar Dengan Nuansa Beda

    Dengar SBFM Live di sini

    -

    Html code here! Replace this with any non empty raw html code and that's it.

    SINJAI – Pemerintah Kabupaten Sinjai tahun 2021 ini, akan melaksanakan lomba evaluasi perkembangan desa tingkat Kabupaten Sinjai yang rencananya akan digelar bulan Maret mendatang.

    Kepastian pelaksanaan lomba desa dimasa pandemi ini berdasarkan hasil rapat yang diikuti oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Sinjai bersama Dirjen Pemerintahan Desa Kemendagri secara virtual, Selasa (16/02/21).

    Kepala Dinas PMD Sinjai Drs. Yuhadi Samad saat ditemui, Kamis (18/02/21) mengatakan, bahwa dari hasil rapat melalui video conference tersebut pelaksanaan lomba desa akan tetap dilaksanakan dengan nuansa yang berbeda dibanding tahun-tahun sebelumnya.

    Meski konsep dan mekanisme penilaian berbeda akan tetapi indikator penilaian sama dengan tahun sebelumnya yang mengacu pada Permendagri Nomor 81 tahun 2015 yaitu ada tiga indikator utama penilaian yakni dari bidang Pemerintahan, Kewilayahan dan Partisipasi Masyarakat serta Inovasi Desa. 

    “Nuansa penilaian tahun ini berbeda dengan sebelumnya, dimana tahun ini kita mengacu pada protokol kesehatan dan ini menjadi hal yang urgen diperhatikan sehingga nantinya dalam penilaian tidak ada kerumunan,” katanya.

    Selain itu jika tahun sebelumnya tim penilai mendapat penyambutan dan dilanjutkan acara seremonial sebelum dilakukan penilaian maka tahun ini ditiadakan.

    “Jadi untuk tahun ini tidak ada lagi acara penyambutan, begitu tim penilai tiba di desa maka langsung melakukan penilaian ke objek yang ditentukan dan yang hadir itu dibatasi, hanya yang berkepentingan saja,” jelasnya.

    Adapun persiapan yang dilakukan saat ini, pihaknya sudah mengirimkan surat ke delapan kecamatan untuk mempersiapkan desa yang diusulkan untuk mewakili kecamatan masing-masing pada lomba desa tersebut.

    Rencananya penilaian lomba desa tingkat Kabupaten Sinjai akan dimulai pada awal bulan Maret dan diharapkan tuntas pada pertengahan bulan Maret mengingat lomba desa tingkat Provinsi akan dilaksanakan pada bulan Mei mendatang.

    “Kita harapkan lomba desa tingkat Kabupaten bisa tuntas pada pertengahan bulan Maret sehingga ada jeda waktu beberapa bulan untuk mempersiapkan diri untuk mengikuti lomba desa tingkat Provinsi Sulsel. Jika kita mampu meraih hasil yang baik, kita bisa mewakili Sulsel di tingkat Regional pada bulan Juli mendatang” jelas Yuhadi. (Tim Website)

    Related articles

    -
    Ubah Bahasa :
    -

    Latest posts