spot_img
Saturday, April 20, 2024
More
    spot_img
    HomeBeritaPeduli Pesantren, Pimpinan Ponpes di Sinjai Apresiasi Bupati ASA

    Peduli Pesantren, Pimpinan Ponpes di Sinjai Apresiasi Bupati ASA

    Dengar SBFM Live di sini

    -

    Html code here! Replace this with any non empty raw html code and that's it.

    SINJAI – Bupati Sinjai, Andi Seto Asapa (ASA) merupakan sosok bupati peduli pesantren di mata pimpinan Pondok Pesantren (Ponpes) di Kabupaten Sinjai. Perhatian, sentuhan bantuan, dan program kerja sama terus berpihak ke pesantren sejak awal kepemimpinannya.

    Hal itu diungkapkan oleh Pimpinan Ponpes Darul Ihsan Salohe, Kecamatan Sinjai Timur, Mustakim. Dia menilai, ASA merupakan sosok bupati yang peduli terhadap pengembangan dan pemberdayaan pesantren.

    Hal itu terbukti dari beberapa program yang direncanakan telah direalisasikan. Seperti, mencetak penghafal Al-Qur’an bekerja sama dengan Ponpes. Dimana angkatan pertama dimulai pada tahun 2019 dan melahirkan 20 penghafal Al-Qur’an melalui binaan Ponpes Darul Ihsan Salohe.

    Lalu angkatan kedua tahun 2020, melahirkan 20 penghafal Al-Qur’an yang bekerja sama dengan Ponpes Darul Istiqamah Bongki. Tahun ini kembali dianggarkan dan pembinaannya dipusatkan di Ponpes Darul Istiqamah Puce’e dan Syiar Islam sebanyak 20 orang.

    “Tahun depan, Pak Bupati bertekad menambah jumlah peserta tahfizul Qur’an menjadi 40 peserta orang dan dikerja samakan dengan Ponpes yang ada,” jelasnya, Rabu (10/2/2021).

    Selain itu, Bupati ASA juga telah merencanakan membina dua kader Panrita Kitta’ di 80 desa dan kelurahan di Kabupaten Sinjai. Sehingga tiap angkatan akan lahir 160 kader yang dibina oleh Ponpes. Program ini akan direalisasikan pada awal tahun ajaran baru Juni mendatang.

    Kemudian lanjut Mustakim, program lainnya yang berpihak ke Ponpes adalah bantuan dana hibah untuk pesantren juga telah direalisasikan. Setiap Ponpes mendapat bantuan melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Sinjai.

    “Tahun pertama, Pak Bupati memimpin jumlah Ponpes di Sinjai ada 14, sekarang jumlahnya bertambah menjadi 20 dan semua itu akan mendapat dana hibah, itu menjadi janji, Pak Bupati,” bebernya.

    Bukan hanya itu, program pemberdayaan ekonomi juga diberikan ke Ponpes. Melalui bantuan bibit ikan beserta perangkatnya. Dimana tahun lalu terdapat empat Ponpes menerima bantuan ini. Salah satunya, Ponpes yang ia pimpin.

    Oleh karena itu, dia menyebut perhatian dan kepedulian Bupati ASA terhadap Ponpes patut diacungi jempol. Banyak program berpihak ke pesantren yang belum pernah dilakukan oleh pemimpin sebelumnya.

    “Selama ini Ponpes jalan masing-masing karena tidak ada sentuhan dari pemerintah, tapi sejak beliau (baca: ASA) memimpin, bantuan ke Ponpes luar biasa, apa yang sudah direncanakan telah direalisasikan,” ungkapnya.

    Dengan demikian, Mustakim menyebut, Ponpes yang ada di Kabupaten Sinjai akan terus memberikan dukungan agar program keagamaan terus dilaksanakan. Tentu, harapan Bupati ASA untuk mengembalikan Sinjai sebagai Bumi Panrita Kitta’ juga akan terwujud. (Humas Kominfo)

    Related articles

    -
    Ubah Bahasa :
    -

    Latest posts