Tiga Paket Penelitian Program Balitbangda Sinjai, Salah Satunya Kajian Pembangunan Sport Center

0
107

SINJAI – Sebagai Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD) di lingkup Pemkab Sinjai, Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda) mempunyai tugas dalam hal pengembangan daerah kedepan.

Sesuai tupoksinya Balitbangda sebagai wadah perumusan kebijaksanaan teknis di bidang penelitian dan pengembangan daerah sesuai visi misi pemerintah daerah.

Untuk tahun 2021 ini Balitbangda akan melakukan sejumlah kajian dengan melakukan penelitian terhadap beberapa potensi pengembangan daerah agar kedepan menghasilkan output yang maksimal.

Kepala Balitbangda Sinjai Arifuddin saat ditemui di Ruang Kerjanya, Jumat (29/01/21) mengungkapkan, ada tiga paket penelitian yang akan dilaksanakan pada tahun ini berdasarkan usulan/ masukan dari beberapa OPD terkait.

Tiga penelitian yang dimaksud yaitu penelitian kelayakan pembangunan kawasan Sport Center di Eks Kantor Bupati Sinjai yang merupakan salah satu program unggulan Pemkab di bidang olahraga.

Kedua adalah kajian pengembangan pariwisata air terjun di Barambang Kecamatan Sinjai Borong dan yang ketiga, kajian potensi sumber air untuk pengadaan Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH), irigasi maupun air bersih.

“Jadi ada tiga paket penelitian yang kita akan kaji tahun ini dengan melibatkan tim ahli/pakar sesuai dengan bidangnya masing-masing. Untuk tahun ini kita kerjasama dengan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Unhas Makassar,” jelasnya.

Hasil kajian dalam bentuk dokumen ini nantinya akan menjadi rekomendasi kepada Pemerintah daerah dalam hal ini OPD terkait sebagai tahap awal untuk pengembangan potensi tersebut.

“kenapa kajian awal ini penting karena merupakan salah satu yang menjadi dasar bagi OPD agar bisa mendapatkan bantuan anggaran baik dari Pemerintah Provinsi maupun Pemerintah Pusat,” jelasnya.

Selain itu dengan adanya kajian ini, akan menjadi dasar perencanaan potensi yang akan dikembangkan sehingga output dari pembangunan yang direncanakan hasilnya berjalan maksimal dan sesuai target yang diinginkan. (Tim Website)

Previous articleVaksin Sinovac Mulai Didistribusikan ke Puskesmas
Next articleDiskominfo Beri Pengetahuan Tambahan Pengelola Website OPD