spot_img
Friday, April 19, 2024
More
    spot_img
    HomeBeritaDiskominfo Beri Pengetahuan Tambahan Pengelola Website OPD

    Diskominfo Beri Pengetahuan Tambahan Pengelola Website OPD

    Dengar SBFM Live di sini

    -

    Html code here! Replace this with any non empty raw html code and that's it.

    SINJAI – Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian Sinjai menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) keamanaan website, Jumat, (29/1/2021).

    Bimtek yang diikuti pengelola webiste Lingkup Pemkab Sinjai itu dibuka oleh Kepala Dinas Kominfo dan Persandian, Irwan Suaib secara virtual atau via zoom.

    Dia mengatakan, keamanan website adalah sebuah upaya untuk melindungi dan menjaga website dari serangan virus maupun hacker yang terkoneksi melalui sebuah jaringan.

    Apalagi saat ini, dengan informasi yang bertebaran di dunia maya, seorang anak setingkat sekolah dasar bisa melakukan serangan pada website atau sistem informasi lainnya yang terhubung ke internet.

    “Bimtek ini dilaksanakan tak lain untuk memberikan tambahan pengetahuan kepada para admin pengelola website OPD tentang kemananan informasi,” ungkapnya.

    Dengan begitu, admin OPD diharapkan bisa mengenali manajemen file dan berkas-berkas yang ada pada CMS atau website yang dikelola, bisa melakukan backup dan restore pada website masing-masing.

    Irwan menyebut, saat ini Pemkab Sinjai mengelola server web sendiri yang berada di pusat data Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian. Sedikitnya, 67 sub domain yang berada di bawah domain utama sinjaikab.go.id. Itu, sudah termasuk sub domain khusus misalnya untuk aplikasi seperti enikda, e-office dan lain-lain.

    “Semua OPD memiliki sub domain dan telah mengelola website dan email sendiri. Rata-rata website OPD menggunakan Content Management System (CMS) berbasis WordPress,” ujarnya.

    Sementara itu, Kepala Bidang Aplikasi dan Informatika Diskominfo dan Persandian Sinjai, Muhammad Takdir memaparkan tentang bagaimana mengatasi secara awal jika terjadi serangan berupa hacker pada website.

    “Serangan berupa deface (mengganti halaman depan) terhadap website OPD biasanya terjadj pada saat libur akhir pekan,” ujarnya.

    Sehingga dalam kesempatan itu, dia menggambarkan, bagaimana cara mengatasinya serta langkah-langkah apa saja yang mesti diambil bila terjadi serangan. (Tim Website)

    Related articles

    -
    Ubah Bahasa :
    -

    Latest posts