spot_img
Friday, March 29, 2024
More
    spot_img
    HomeBeritaODGJ yang Meresahkan Warga Akan Dirujuk ke Rumah Sakit Jiwa

    ODGJ yang Meresahkan Warga Akan Dirujuk ke Rumah Sakit Jiwa

    Dengar SBFM Live di sini

    -

    Html code here! Replace this with any non empty raw html code and that's it.

    SINJAI – Orang Dengan Gangguan Kejiwaan (ODGJ) yang beberapa terakhir ini meresahkan warga kota Sinjai, akhirnya diamankan oleh petugas Satuan Polisi Pamong Praja Sinjai, Jumat pagi (22/01/21).

    Kepala Seksi Ketentraman dan Ketertiban Umum Dinas Satpol PP Sinjai, Puja Wahyana yang memimpin pengamanan ODGJ ini mengutarakan, bahwa keberadaan lelaki ODGJ ini diamankan karena telah membahayakan warga yang ada di Kota Sinjai khususnya di sekitar Pasar Sentral Sinjai.

    “Kami mendapat pengaduan dari warga jika ada ODGJ yang berkeliaran dan sering membahayakan warga dengan cara memukul dan melempar warga, sehingga sejak kemarin kami mulai turun untuk mencarinya dan baru tadi pagi kami berhasil amankan,” jelasnya.

    Setelah diamankan, pihaknya bersama Dinas Sosial membawa lelaki tersebut ke Dinas Kesehatan untuk dilakukan swab dan diberi suntik penenang. Setelah itu dibawa ke Kantor Disdukcapil untuk mencari tahu identitasnya.

    “Di Kantor Capil, ODGJ ini melakukan perekaman dan ternyata identitasnya belum terbaca, itu artinya belum pernah melakukan perekaman. Apalagi sampai saat ini kita belum tahu identitas, asal dan keluarga yang bersangkutan,” kata Ufra Sulfiah, pekerja Sosial dari Dinsos Sinjai.

    Menurut Ufra, identitas atau KTP ini penting sebagai salah satu syarat agar bisa dirujuk ke Rumah Sakit Jiwa di Makassar untuk menjalani perawatan.

    “Ini kesulitan kita karena tidak ada identitasnya. Kita sementara koordinasi dengan Capil agar bisa segera dibuatkan KTP sambil kita mencari tahu siapa keluarganya,” jelasnya.

    Jika KTP dan kartu BPJS Kesehatan sudah dibuatkan, maka pihaknya segera membawa lelaki tersebut ke Rumah Sakit Jiwa yang ada di Makassar.

    Untuk sementara, lelaki tersebut diinapkan di Rumah Singgah milik Dinsos Sinjai di Jalan Ahmad Yani, sembari menunggu dokumen yang dibutuhkan terbit. (Tim Website)

    Related articles

    -
    Ubah Bahasa :
    -

    Latest posts