spot_img
Saturday, April 20, 2024
More
    spot_img
    HomeBeritaTahun Depan Semua OPD di Sinjai Terapkan Tanda Tangan Elektronik

    Tahun Depan Semua OPD di Sinjai Terapkan Tanda Tangan Elektronik

    Dengar SBFM Live di sini

    -

    Html code here! Replace this with any non empty raw html code and that's it.

    SINJAI – Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian Kabupaten Sinjai melaksanakan bimbingan teknis penggunaan aplikasi untuk implementasi Tanda Tangan Elektronik (TTE) di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Sinjai, Senin (14/12/20).

    Bimtek yang berlangsung secara virtual melalui aplikasi zoom ini dibuka secara langsung oleh Kadis Kominfo dan Persandian Sinjai Irwan Suaib dan diikuti peserta dari perwakilan sejumlah Organisasi Perangkat Daerah di Kabupaten Sinjai.

    Kadis Kominfo dan Persandian Sinjai mengatakan bahwa diera zaman modern sekarang ini kita dituntut untuk memberikan percepatan pelayanan terlebih saat ini masih dalam masa pandemi Covid-19 sehingga melalui metode TTE ini merupakan salah satu upaya untuk mempermudah pelayanan birokrasi dan juga upaya untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19.

    “Kita di Diskominfo sudah melakukan simulasi dan melakukan beberapa pelatihan, bukan cuma TTE saja tapi semua surat-surat yang masuk ke Diskominfo dan Persandian Sinjai itu sudah dilakukan secara elektronik sehingga disposisi dari atasan dan bawahan secara terstruktur akan secara elektronik dan itu tercatat dan terdokumentasi dengan baik,” katanya.

    Upaya dari Pemkab Sinjai ini merupakan salah satu bagian dari program unggulan Bupati Sinjai yaitu smart kampung. Program ini tidak hanya menyentuh OPD akan tetapi juga akan menyasar ke Pemerintah Desa dalam memberikan pelayanan secara elektronik.

    Lebih lanjut Irwan mengatakan surat yang sudah ditandatangani secara elektronik ini selanjutnya disebar melalui media elektronik seperti WhatsApp, email OPD sehingga mempercepat penyampaian informasi dari pihak yang satu pihak yang lain.

    “Jadi kedepan persuratan tidak melalui manual lagi dengan diantar langsung ke OPD tapi dilakukan melalui media elektronik yang ada, ” jelasnya.

    Irwan berharap para peserta bimtek dapat mengikuti kegiatan ini dengan baik sehingga diharapkan tahun depan seluruh Organisasi Perangkat Daerah lingkup Pemerintah Kabupaten Sinjai sudah menerapkan tanda tangan elektronik.

    Sementara itu Kepala Bidang Aplikasi dan Informatika Diskominfo dan Persandian Sinjai, Muhammad Takdir, menambahkan, peserta dari bimtek ini adalah semua OPD di Sinjai yang telah memiliki file P12, yaitu file untuk penggunaan TTE di semua berkas yang akan didistribusikan secara online melalui media elektronik

    “Harapan kita semua OPD Pemkab sinjai sudah bisa membiasakan penggunaan TTE dalam pengiriman surat antar OPD sehingga bukan lagi dalam bentuk kertas,” jelasnya. (Tim Website)

    Related articles

    -
    Ubah Bahasa :
    -

    Latest posts