spot_img
Friday, April 19, 2024
More
    spot_img
    HomeBeritaTerpilih Jadi Youth Leader Indonesia, Pemuda Sinjai Ini Promosikan Produk UMKM

    Terpilih Jadi Youth Leader Indonesia, Pemuda Sinjai Ini Promosikan Produk UMKM

    Dengar SBFM Live di sini

    -

    Html code here! Replace this with any non empty raw html code and that's it.

    SINJAI – Membanggakan, mungkin kata itu yang pantas disematkan kepada Yusril Saputra Hasyim (20 tahun), putra asal Kabupaten Sinjai.

    Hal itu lantaran dirinya berhasil menjadi satu-satunya perwakilan Provinsi Sulawesi Selatan yang berhasil lolos seleksi mengikuti Program International Youth Leader 2020 yang diadakan secara online.

    Program ini bertujuan mempersiapkan calon pemimpin masa depan dengan membangun pemahaman yang kuat tentang tupoksi pemuda dan memberikan pembekalan karakter bagi muda-mudi Indonesia.

    Yusril Saputra Hasyim, Mahasiswa jurusan Ilmu Hukum di Universitas Islam Negeri (UIN) Makassar ini mengatakan, proses pemilihan International Youth Leader diadakan secara online, lalu ditentukan peserta yang dipilih setelah itu diumumkan hasilnya secara online melalui email, grup WhatsApp dan instagram. 

    “Dari hasil seleksi terpilihlah 14 para pemuda dan pemudi terbaik yang kemudian menjadi delegasi Indonesia bernama Leader Indonesia untuk mengikuti program studi di Kabupaten Banyuwangi selama tiga hari dari tanggal 14-16 November 2020,” katanya.

    Menurut, Anak ketiga dari pasangan H. Hasyim Panampa dan Hj. Darmawati ini, ia mengikuti program ini karena termotivasi dengan salah satu platform program ini yang bertujuan untuk menciptakan pemuda yang inovatif untuk terjun di dunia kerja dan juga menjadi wadah bagi pemuda Indonesia yang cinta akan ragam dan budaya yang ada di Indonesia.

    “Alhamdulillah, perasaan ketika terpilih yaitu sangat senang karena bisa belajar, menambah wawasan dan relasi serta pengalaman yang sangat berharga karena dapat langsung terjun dan mengenal budaya Kabupaten Banyuwangi yang dikenal sebagai kota inovatif pariwisata terbaik di Indonesia,” ujarnya.

    Tidak hanya itu, Yusril membawa beberapa produk UMKM asal Sinjai seperti kopi Borong, kopi Manipi, poto-poto (kue simpul) dan kerupuk bawang. Dalam satu sesi dihadapan peserta dari daerah lain, ia mempromosikan produk lokal Sulsel dan Sinjai.

    “Respon para delegasi dari daerah lain dan pemerintah setempat sangat bagus terhadap produk Sinjai ini, bahkan mereka kaget ketika saya menyajikan kopi Borong dan Manipi, mereka suka cita rasanya. Apalagi mereka baru mengetahui kalau Sinjai punya kopi sendiri, sebab rata-rata yang dikenal orang luar hanya ada kopi Toraja,” kata Yusril yang dihubungi via WhatsApp, Selasa (17/11/20).

    Tak lupa Yusril yang saat ini menjalani perkuliahan semester lima, juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah memberikan dukungan sehingga bisa terpilih mengikuti program kepemimpinan ini.

    Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Sinjai Hasir Achmad, ketika dikonfirmasi terkait hal tersebut, merasa bangga atas keberhasilan pemuda Sinjai mengikuti setiap sesi kegiatan Youth leader International.

    “Selama mengikuti program tersebut, Yusril tentunya berinteraksi bersama dengan peserta lain dari berbagai daerah, tentu saja ini memberikan pengalaman langsung dalam mengasah jiwa kepemimpinan dan kewirausahaan pemuda kita, sehingga menjadi modal besar untuk menuju kesuksesan kedepan. Selamat buat Yusril karena telah menjadi bagian dalam mengharumkan nama baik Sinjai khususnya pemuda Sinjai dan semoga ini bisa menjadi motivasi bagi pemuda lainnya yang ada di Sinjai,” kata Hasir.

    Sekilas tentang Program International Youth Leader adalah program yang ditujukan bagi pemuda dan pemudi Indonesia yang mempunyai gairah dalam menjalin kerjasama lintas negara dan berpartisipasi aktif dalam berbagai kegiatan. Tak hanya itu, peserta juga dibekali dengan pengetahuan leadership yang mana aplikasinya dalam dunia akademisi sangat berpengaruh. (Tim Website)

    Related articles

    -
    Ubah Bahasa :
    -

    Latest posts