Membanggakan, Siswa Asal Sinjai Melaju ke Tingkat Nasional di Ajang KSN 2020

0
524

SINJAI – Firdaus Andika Putra, salah seorang siswa SMPN 2 Sinjai Selatan, Kabupaten Sinjai mengukir prestasi hingga lolos sampai ke tingkat nasional. Firdaus berhasil lolos ke tingkat nasional untuk mengikuti Kompetisi Sains Nasional (KSN) SMP Tingkat Nasional 2020.

Dia mewakili Provinsi Sulawesi Selatan pada ajang yang digelar dengan sistem dalam jaringan (daring) sejak Senin (2/11/2020) kemarin, hingga Selasa (3/11).

Kepala Dinas Pendidikan Sinjai, Andi Jefrianto Asapa mengatakan, bahwa Firdaus yang berhasil melaju ke tingkat nasional dalam ajang KSN khususnya bidang studi Ilmu Pengetahuan Alam (IPA).

“Alhamdulillah (Firdaus Andika Putra-Read) lolos ke tingkat nasional. Ada 5 Kabupaten di Sulawesi Selatan yang lolos, salah satunya perwakilan Kabupaten Sinjai,” ungkap Jefrianto di Ruang Kerjanya, Selasa (03/11/20).

Dengan lolosnya Firdaus, tentu kata Jefrianto tidak lepas dari peranan guru dan orang tua yang mendorong Firdaus untuk mengikuti Kompetisi Sains sampai pada tahap saat sekarang ini.

Lebih lanjut Jefrianto mengatakan, dalam ajang tersebut peserta akan menjawab beberapa pertanyaan secara virtual terkait dengan mata pelajaran IPA. Misalnya, ada hal-hal teknologi yang dipertanyakan, yang harus dijawab oleh siswa dari tim penguji di tingkat pusat.

“Mudah-mudahan ananda Firdaus mampu mengharumkan nama Kabupaten Sinjai di tingkat nasional. Kami tidak muluk-muluk memberikan target sebab ia sudah menjadi kebanggan kami karena sudah mewakili Kabupaten Sinjai di tingkat nasional,” ujarnya.

Kepada siswa Sinjai, Firdaus tambahnya bisa menjadi contoh dan menjadi motivasi bagi siswa di sekolah-sekolah lain. Bukan hanya pada mata pelajaran IPA, tetapi mata pelajaran lainnya. Apalagi ini kali pertama siswa Sinjai melenggang ke tingkat nasional.

“Kita berharap mudah-mudahan siswa-siswa kita yang ada di tingkat SMP mampu mengikuti jejak yang dibangun oleh Firdaus sebagai pembuka, membuat prestasi yang bagus bagi Kabupaten Sinjai di tingkat nasional,” tandasnya. (Tim Website)

Previous articleDPD KNPI Sinjai Adakan Workshop Manajemen Website
Next articleDinkes Sulsel Apresiasi Langkah Pemkab Sinjai Cegah Stunting