Kembangkan Produktivitas, Pemkab Sinjai Bekali Wirausaha Perempuan

0
77

SINJAI, – Upaya mendorong penciptaan lapangan kerja serta menumbuhkan wirausaha baru di Kabupaten Sinjai, terus dilakukan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sinjai melalui Dinas Koperasi UKM dan Tenaga Kerja (Diskopnaker).

Selain melakukan pelatihan dengan pola pendampingan, Diskopnaker Sinjai juga melakukan pendidikan dan pelatihan (Diklat) Kewirausahaan yang dikhususkan bagi kaum perempuan.

Diklat Kewirausahaan Perempuan tersebut dikerjasamakan dengan Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) di Aula Wisma Hawai dari tanggal 14-15 Oktober 2020.

Kadiskopnaker Sinjai, H Firdaus mengatakan, pelatihan yang dilakukan tersebut merupakan penjabaran visi misi Pemkab Sinjai dalam pengembangan wirausaha baru yang diharapkan kedepan mampu membuka lapangan kerja bagi orang lain.

Selanjutnya, untuk meningkatkan keterampilan, kreatifitas, semangat dan motivasi pelaku usaha bagi kaum perempuan dalam menunjang perekonomian di Kabupaten Sinjai.

“Sasarannya itu bagaimana peserta Diklat yang semuanya adalah kaum perempuan bisa meningkatkan kemampuannya dalam mengelola usahanya menjadi usaha yang produktif dan mampu menyerap tenaga kerja”, kata Firdaus, Kamis (15/10/2020)

Terpisah, Sri Wahyuningsih mengapresiasi pelatihan tersebut. Menurutnya pelatihan ini memberikan banyak manfaat bagi dirinya sebagai pelaku usaha UMKM.

“Alhamdulillah kita itu diajari bagaimana agar produk yang kita jual itu bisa menarik dan dilirik pembeli. Saya sangat berterima kasih sudah dilibatkan dalam pelatihan peningkatan produktivitas usaha ini,” ujar pemilik boks minuman kekinian di Sinjai itu.

Diklat Kewirausahaan Perempuan tersebut diikuti 50 peserta yang semuanya merupakan pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kabupaten Sinjai.

Sementara pemateri dalam Diklat ini menghadirkan Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Sulsel, serta Kepala Pusat Layanan Usaha Terpadu Koperasi dan UMKM atau PLUT Sulsel. (Tim Website)