Ciptakan Lapangan Kerja, PKBM Panrita Kitta Gelar Kursus Menjahit

0
98

SINJAI – Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Panrita Kitta menggelar kegiatan program Pendidikan Kecakapan Kerja (PKK) jenis usaha tata busana yang merupakan program dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Kegiatan ini dibuka secara langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sinjai Andi Jefrianto Asapa dan dihadiri Lurah Lamatti Rilau Ikramullah, serta jajaran Dinas Pendidikan Sinjai, di Aula Yayasan Ibadurrahman, Lingkungan Panreng, Kelurahan Lamatti Rilau, Kamis (15/10/20).

Ketua PKBM Panrita Kitta, Linda dalam laporannya menyampaikan, bahwa program PKK ini diikuti sebanyak 20 peserta dari berbagai kecamatan yang direkrut melalui proses seleksi tertulis dan wawancara.

“Peserta prioritas kami adalah peserta didik kesetaraan Paket, A, B dan paket C yang mempunyai minat dan bakat menjahit. Kami rencanakan jumlah waktu kursus selama 200 jam atau menjahit sampai mahir khususnya baju gamis,” katanya.

Linda berharap, melalui kegiatan ini dapat melahirkan sumber daya manusia yang memiliki jiwa berwirausaha dan memiliki jiwa enterpreneur sejati.

Kadis Pendidikan Sinjai Andi Jefrianto Asapa menyampaikan, bahwa kegiatan ini merupakan salah satu program unggulan dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI yaitu program Pendidikan Kecakapan Kerja (PKK) selain program keterampilan kewirausahaan.

“Salah satu dasar kita melaksanakan kegiatan ini adalah bagaimana bisa melibatkan masyarakat dalam meningkatkan kemampuannya dalam menghadapi perkembangan zaman sekarang ini, karena kita ketahui bahwa peluang kerja itu semakin hari semakin sempit sehingga melalui cara ini kita mencoba mengedukasi masyarakat agar bisa membuka lapangan pekerjaan sendiri,” katanya.

Selain itu program ini dengan visi dan misi Bupati Sinjai untuk memajukan UKM dan penciptaan 1000 wirausaha baru serta 10 ribu lapangan kerja di Sinjai.

“Semoga peserta yang dilatih ini nantinya dapat dibina oleh instansi terkait dalam mewujudkan visi dan misi Bupati Sinjai. Kita harap juga dari keterampilan yang dimilikinya minimal dapat menghidupi keluarganya, serta bisa menjadi perantara dalam menyebarkan ilmunya untuk masyarakat yang ada disekitarnya,” tandas Mantan Kepala Kantor Kesbangpol ini. (Tim Website)