Warga Pulau Sembilan Dikabarkan Gizi Buruk, Kapus : Irwan Alami Cerebral Palsy

0
303

SINJAI – Tim Home Care Dinas Kesehatan Sinjai mendatangi rumah Irwan, warga dusun Pulau Katindoang, Desa Pulau Persatuan, Kecamatan Pulau Sembilan, Kabupaten Sinjai, Rabu (14/10/2020).

Sebelumnya, lelaki berusia 24 tahun itu dikabarkan menderita gizi buruk.

Tim Home Care yang terdiri dari dokter, perawat, petugas pustu (Puskesmas Pembantu) dan penanggunjawab dusun, datang memeriksa kondisi kesehatan Irwan. Tindakan pemeriksaan dilakukan untuk mengetahui hasil diagnosa terkait penyakit yang dialami Irwan.

“Jadi hasil diagnosa sementaranya itu adalah Celebral Palsy,” kata Kepala Pusat Kesehatan Masyarakat Pulau Sembilan, Agus Salim.

Menurut Agus, Irwan juga mengalami gizi kurang yang disebabkan pola istirahat yang tidak teratur.

“Jadi bukan gizi buruk ya, tapi gizi kurang, penyebabnya pola istirahat yang tidak teratur dan akibat penyakit, sementara untuk pemberian makanan mambahan sudah tidak bisa dilakukan juga karena batas usia sasaran PMT itu maksimal 59 bulan,” ujarnya.

Dijelaskan Agus, bahwa Irwan sebenarnya sudah pernah dikunjungi saat pendataan Keluarga Sehat tahun 2019 lalu.

“Kita sudah kunjungi dulu, tapi karena pandemi Covid-19 intensitas kunjungan ke rumah warga kita kurangi dulu,” ujar Agus.

Agus Salim menegaskan, bahwa pihaknya kini sedang melakukan edukasi kepada keluarga Irwan, agar bersedia di rujuk ke Rumah Sakit Umum Daerah Sinjai untuk diberikan penanganan medis lanjutan. (Tim Website)