Pembangunan Jembatan di Sinjai Terus Digenjot

0
73

SINJAI, – Pembangunan 6 buah jembatan di tahun kedua kepemimpinan Bupati Sinjai Andi Seto Asapa (ASA) dan Wakil Bupati Sinjai Hj Andi Kartini Ottong, terus digenjot.

Beberapa jembatan diantaranya kini progres atau realisasi fisiknya telah berada hingga di angka 78,044 persen.

Seperti jembatan paket 5 ruas Barukang III di Kelurahan Lappa, Kecamatan Sinjai Utara, Kabupaten Sinjai. Anggaran pembangunannya sebesar Rp1,4 Miliar.

Jembatan lainnya yakni jembatan ruas Barukang IV dengan nilai Rp1,42 miliar lebih yang kini progresnya juga di angka 70,26 persen.

Selanjutnya jembatan ruas Jalan Sunu 1 Kelurahan Lappa (paket 6), dengan nilai Rp411 juta lebih. Realisasi fisiknya 46,970 persen.

Paket 1 jembatan ruas Pakkita-Kalamisu penghubung Desa Aska, Kecamatan Sinjai Selatan dan Desa Salohe, Kecamatan Sinjai Timur, yang progresnya 25,14 persen. Jembatan ini menelan anggaran Rp10,6 miliar lebih dengan panjang 45 meter dan lebar 5 meter.

Paket 2 jembatan ruas Sungai Laboro, Desa Bonto, Kecamatan Sinjai Tengah, dengan anggaran Rp604 juta lebih. Realisasi fisik mencapai 14,38 persen.

Paket 3 Jembatan ruas Batu Leppa, Desa Gunung Perak, Kecamatan Sinjai Barat. Realisasi fisik pembangunan jembatan dengan anggaran Rp9, 07 miliar lebih ini mencapai 7,43 persen.

Menurut Kepala Seksi (Kasi) Preservasi Kebinamargaan PUPR Sinjai, Andi Adnan Najamuddin, bahwa pembangunan jembatan dengan total anggaran Rp25,4 miliar lebih di sejumlah kecamatan ini ditargetkan rampung akhir Desember 2020 mendatang.

Kata Andi Adnan, sumber dana pembangunan 6 buah jembatan tersebut berasal dari pinjaman daerah Pemkab Sinjai.

“InsyaAllah tahun ini 6 jembatan yang dibangun sudah bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat,” katanya saat ditemui di Kantornya, Kamis (1/10/2020).

Di harapkan dengan dibangunnya jembatan ini, perekonomian masyarakat bisa lebih meningkat dan akses warga akan lebih mudah. Terutama yang berada di daerah.

“Ini bentuk komitmen pak Bupati sehingga menunjang aktivitas masyarakat dengan adanya prasarana jembatan, baik distribusi barang dan jasa hingga hasil bumi masyarakat”, tandasnya.

Sekadar diketahui, tahun 2020 Pemkab Sinjai fokus pada pengembangan SDM dan pembangunan jembatan. Selain jembatan, Pemkab Sinjai juga tengah melakukan pembangunan dan peningkatan infrastruktur jalan sepanjang 131 Km. (Tim Website)