Jalan Mulus, Akses Perekonomian Masyarakat Lingkungan Pariae Lancar

0
119

SINJAI – Masyarakat di Lingkungan Pariae, Kelurahan Mannanti, Kabupaten Sinjai bersyukur akses perekonomiannya saat ini dapat berjalan lancar. Sebab, akses penunjang utama mode transportasi untuk mengangkut hasil bumi mereka kini sudah mulus.

Itu lantaran Pemerintah Kabupaten Sinjai dibawa nahkoda Andi Seto Asapa (ASA) dan Hj. Andi Kartini Ottong, memberi perhatian serius terhadap pembangunan infrastruktur jalan pasca keduanya ditetapkan sebagai kepala daerah pada akhir 2018 lalu.

Sehingga, akses jalan yang ada di Lingkungan Pariae tuntas dikerjakan. Jalan di wilayah itu kini sudah mulus, aspal hotmix. Penantian puluhan tahun warga untuk menikmati jalan mulus, seolah memang tak terbendung.

Apatalagi dengan mulusnya jalan tersebut, menurut warga menjadi akses penunjang untuk mengangkut dan menjual hasil bumi mereka ke pasar. Seperti cengkeh, coklat, lada dan tanaman pertanian lainnya.

“Dengan selesainya jalan ini diaspal, untuk menjual hasil bumi sekarang sudah mulai lancar, tidak ada kendala lagi karena jalan rusak, dulu susahki karena rusak jalanannya” ucap salah seorang warga Kahar, Kamis (1/10/2020).

Menurut dia, jalan sepanjang 4,2 kilometer tersebut awalnya dalam kondisi rusak parah bahkan sudah lama dan setiap tahun diusulkan untuk dilakukan perbaikan. Karena itu dia juga mengapresiasi segala upaya yang dilakukan Pemerintah Daerah demi untuk mensejahterakan masyarakat.

Diaspalnya jalan di lingkungan tersebut, setidaknya roda perekonomian bisa berjalan dengan lancar.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah dalam hal ini Pak Bupati yang telah membangun jalan kami dengan aspal hotmix. Pembangunan jalan ini sudah lama kami tunggu-tunggu puluhan tahun,” kata Kahar dengan nada senang.

Sementara itu, warga lainnya Harma, menjelaskan, ruas itu adalah jalan akses yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Jalan itu puluhan tahun tidak pernah tersentuh pembangunan, sekarang sudah dibangun jalan hotmix di masa kepemimpinan Bupati Andi Seto.

“Nah sebagai rasa syukur, kami mengucapkan terima kasih kepada pak Bupati karena sudah merealisasikan jalan tersebut dengan pengaspalan hotmix, sehingga jalan sekarang sudah baik,” ucapnya.

Sebelum diperbaiki, masyarakat harus menjinjing hasil bumi ke pasar. Tetapi, penderitaan warga kita telah dijawab oleh Pemerintahan Bupati Andi Seto Asapa.

“Karena jalan rusak, dulu sebelum mobil masuk kami harus jinjing atau pikul hasil bumi kami ke Pasar Manannti,” kata Harma.

Memang diberbagai kesempatan, Bupati ASA menegaskan, komitmennya dalam melakukan pembangunan infrastruktur dimasa pemerintahannya. Menurutnya, program peningkatan Infrastruktur jalan, yang dicanangkan itu, guna menopang perekonomian masyarakat.

“Kami dari Pemerintah berkomitmen untuk terus menggenjot perekonomian masyarakat. Salah satunya dengan peningkatan kualitas infrastruktur jalan yang menjadi peran vital dalam mendongkrak kesejahteraan,” ungkap ASA. (Tim Website)