Dua Tahun Memimpin Sinjai, Ini Program Unggulan di Bidang Pendidikan ASA-Kartini

0
99

SINJAI, – Pemerintahan Bupati Sinjai Andi Seto Asapa (ASA) dan Wakilnya Hj Andi Kartini Ottong, kini telah memasuki tahun kedua kepemimpinannya. Sejumlah prestasi dan program yang telah dijanjikan pun perlahan sudah dirasakan masyarakat.

Khusus di bidang pendidikan misalnya, program unggulan tersebut telah direalisasikan. Sebut saja Program Pemberian Bantuan Seragam Sekolah Gratis untuk siswa baru tingkat Sekolah dasar (SD) dan Sekolah menengah pertama (SMP).

Program yang masuk dalam daftar visi misi Pemkab Sinjai ini telah berjalan dua tahun dengan menyasar 13.413 siswa baru di dua jenjang pendidikan tersebut, diantaranya di tahun 2019 sebanyak 6.747 orang dan tahun 2020 sebanyak 6.666 orang.

Tidak hanya seragam seperti baju dan celana, namun bantuan ini juga berupa perlengkapan sekolah seperti tas, buku, topi, ikat pinggang hingga dasi.

Dengan begitu, Pemkab Sinjai berharap dapat meningkatkan sekaligus menunjang kualitas pendidikan di Bumi Panrita Kitta. Sebab, program ini sebagai bentuk kepedulian Bupati dan Wakil Bupati Sinjai terhadap dunia pendidikan di Sinjai.

“Alhamdulillah program unggulan pak Bupati dan Wakil Bupati bantuan Seragam Sekolah Gratis berjalan dan beberapa sudah diserahkan ke anak-anak kita melalui sekolah masing-masing,” kata Kadis Pendidikan Sinjai, Andi Jefrianto Asapa, Jumat (11/9/2020).

Selain seragam sekolah gratis, program lainnya yang saat ini terus digalakkan Pemkab Sinjai melalui Dinas Pendidikan adalah Pemberian Beasiswa bagi Mahasiswa Berprestasi, dalam rangka meningkatkan kecerdasan dan kualitas sumber daya manusia (SDM) yang berlandaskan iman dan taqwa sesuai misi Pemkab Sinjai.

Pemberian bantuan ini didasari Peraturan Bupati (Perbup) Nomor 33 tahun 2019, tentang Pemberian Beasiswa dan Bantuan Pendidikan Bagi Mahasiswa Berprestasi, yang diperuntukkan bagi jenjang Strata Satu (S1), Magister (S2) dan Program Doktor (S3). Dan yang telah merasakan program itu dari tahun 2019 sebanyak 156 orang.

Mereka yang menerima masing-masing penyelesaian study S1 sebanyak 111 orang, bantuan penyelesaian study bidang profesi 1, bantuan penyelesaian study Keagamaan 4, bantuan penyelesaian study olahraga 4, bantuan penyelesaian study bidang ilmu dan teknologi 1, bantuan penyelesaian Study S2 26, bantuan penyelesaian study bidang akademik S2 9.

Sedangkan tahun ini, kuotanya sebanyak 130 orang yang terdiri dari 100 Strata Satu (S1), 20 Magister (S2) dan 10 Program Doktor (S3).

Terpisah, Bupati Sinjai ASA, mengatakan, bahwa kedua program ini merupakan program unggulan di bidang pendidikan, selain itu dalam menciptakan sumber daya manusia (SDM) yang unggul dan berdaya saing.

“Program ini diharapkan meningkatkan minat anak sekolah dan meringankan beban orang tua siswa terkhusus siswa yang baru masuk sekolah di tingkat SD dan SMP”, katanya.

Sedang, untuk bantuan beasiswa mahasiswa berprestasi, Bupati ASA berharap, program ini bisa dimanfaatkan dan makasimalkan oleh mereka yang berhak mendapatkan bantuan tersebut.

“Kita harap putra-putri kita bisa mendaftarkan diri dan jika memenuhi kriteria maka berkesempatan mendapatkan beasiswa seperti bebas biaya semester dengan syarat minimal akreditasi kampus B,” tutup ASA. (Tim website)