24 Desa di Sinjai Sudah Miliki Ambulans

0
236

SINJAI – Tahun kedua Pemerintahan Bupati Sinjai Andi Seto Asapa dan Wakil Bupati Sinjai Hj. Andi Kartini Ottong, terus memacu percepatan pembangunan dengan merealisasikan berbagai program yang telah direncanakan selama lima tahun.

Salah satu program unggulan yang dilaksanakan adalah satu desa satu ambulans. Program ini merupakan Program Pemerintah Kabupaten yang mendapat dukungan penuh dari Pemerintah Desa.

Terbukti sampai di tahun 2020 ini, sebanyak 24 desa di Kabupaten Sinjai memanfaatkan Dana Desa (DD) untuk pengadaan kendaraan ambulans. Kendaraan tersebut diharapkan mempermudah dan meningkatkan pelayanan sosial dan kesehatan terutama di desa-desa terpencil.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Sinjai, Drs. Yuhadi Samad, Jumat (11/9/20) mengatakan, bahwa pengadaan kendaraan operasional desa ini mulai terdata dari tahun 2017 dan mengalami pertambahan signifikan mulai tahun 2019 hingga tahun ini.

“Tahun lalu yang melakukan pengadaan mobil operasional kesehatan ini sebanyak 6 desa, dan di tahun ini adalah paling banyak yang melakukan pengadaan yaitu ada 12 desa, ” katanya.

Ia pun berharap, desa lainnya yang berada di 8 kecamatan yang belum melakukan pengadaan ambulans hingga tahun ini bisa direalisasikan di tahun berikutnya.

“Kita harap keberadaan mobil layanan sosial desa ini diperuntukan untuk kegiatan sosial dan kesehatan, seperti warga yang butuh diangkut ke layanan kesehatan dan semoga ini bisa dirasakan oleh lapisan masyarakat,” jelasnya.

Penyediaan mobil ambulans tersebut juga sesuai dengan Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi No 22 tahun 2016 tentang Penetapan Prioritas Pembangunan Dana Desa (DD).

Yuhadi berharap, sesuai visi dan misi Pemkab Sinjai, 67 desa di Kabupaten Sinjai pada tahun 2023 mendatang sudah menyiapkan kendaraan ambulans, baik desa yang ada di daratan maupun empat desa yang ada di Kecamatan Pulau Sembilan melalui ambulans laut.

Adapun 24 desa yang telah melakukan pengadaan ambulans hingga di tahun 2020 ini adalah di Kecamatan Sinjai Barat yaitu Desa Turungan Baji, Bonto Lempangan dan Desa Terasa.

Kecamatan Sinjai Selatan yaitu Desa Palae dan Polewali. Kecamatan Sinjai Timur yaitu Desa Patalassang dan Lasiai, di Kecamatan Sinjai Tengah, yaitu Desa Kompang, Baru, Saotanre, Mattunrung Tellue, Gantarang dan Desa Pattongko.

Di Kecamatan Bulupoddo yaitu Desa Bulutellue. Kecamatan Sinjai Borong yaitu Desa Batu Belerang, Barambang, Bonto Katute dan Desa Bonto Tengnga.

Untuk di Kecamatan Tellulimpoe yaitu Desa Tellulimpoe, Bua, Era Baru, Pattongko dan Massaile. Sedangkan pengadaan ambulans laut di Kecamatan Pulau Sembilan yaitu di Desa Pulau Persatuan. (Tim Website)