spot_img
Tuesday, April 23, 2024
More
    spot_img
    HomeBeritaHadapi Musim Kemarau, Warga Balang Bersihkan Saluran Irigasi

    Hadapi Musim Kemarau, Warga Balang Bersihkan Saluran Irigasi

    Dengar SBFM Live di sini

    -

    Html code here! Replace this with any non empty raw html code and that's it.

    SINJAI – Warga Dusun Balang, Desa Barambang, Kecamatan Sinjai Borong, Ahad (30/8) pagi, membersihkan dan memperbaiki saluran irigasi dengan cara bergotong-royong.

    Kegiatan ini dilakukan rutin setiap minggunya untuk menghadapi musim kemarau, agar pasokan air untuk petani tetap memadai sampai melewati musim kemarau.

    Terlihat para petani sangat bersemangat membersihkan saluran irigasi. Pembersihan dilakukan untuk mencegah terjadinya penumpukan sampah, sehingga tidak terjadi pendangkalan saluran yang nantinya akan menghambat lancarnya aliran air menuju kawasan persawahan di daerah tersebut.

    Kepala Dusun Balang, Lukman, mengatakan, pembersihan irigasi itu dilakukan untuk menunjang kelancaran air irigasi di semua wilayah persawahan yang ada di dusun tersebut.

    “Setiap menghadapi musim kemarau kita wajib turun memperbaiki saluran irigasi dengan cara gotong-royong bersama kelompok tani. Kalau saluran testier itu bisa menjadi tanggung jawab petani itu sendiri, ini juga salah satu cara untuk memulihkan ketahanan pangan para petani dengan lancarnya aliran air irigasi, maka produksi padi dan sayuran petani dapat meningkat,” tuturnya. (KIM Desa Barambang/Lukman)

    Related articles

    -
    Ubah Bahasa :
    -

    Latest posts