SYL Lantik Bupati Sinjai Jadi Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka

0
180

SINJAI – Andi Seto Asapa (ASA) dilantik menjadi Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kabupaten Sinjai, Kamis (30/7/2020).

ASA yang juga Bupati Sinjai dilantik langsung oleh Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Sulsel, Syahrul Yasin Limpo (SYL) yang juga Menteri Pertanian RI, di Lapangan Sinjai Bersatu, atau di lokasi panen pedet (anak sapi) dan lelang sapi hasil Inseminasi Buatan (IB).

Mengawali sambutannya, Bupati ASA mengucapkan terima kasih kepada Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Sulsel, karena telah melantik pengurus Kwarcab Pramuka Sinjai periode 2019-2020. Tentu kata ASA, amanah dan tanggung jawab ini akan dilaksanakan dengan sebaik-baiknya, dalam membesarkan Kwarcab Pramuka di Bumi Panrita Kitta sebutan Kabupaten Sinjai.

“Insha Allah, kami optimis dapat mengembangkan amanah ini lebih kreatif dalam menjalankan tugas dan wewenang sebagai Kwarcab Pramuka,” ucap ASA.

Dalam kesempatan ini, ASA juga melaporkan kepada Mentan SYL bahwa saat ini Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sinjai tengah membangun lokasi perkemahan yang luasnya 1 hektar.

Lokasi itu, berada Taman Hutan Raya (Tahura) Abdul Latief di Desa Batu Belerang, Kecamatan Sinjai Borong. Karenanya, ASA berharap dukungan dan perhatian Pemerintah Provinsi dan Pusat untuk mendukung serta mensukseskan lahan perkemahan itu.

“Sebab, hal itu nantinya akan digunakan sebaik-baiknya untuk pengembangan karakter mental, anak didik dalam gerakan pramuka,” tandas ASA.

Sementara itu, Ketua Kwarda Gerakan Pramuka Sulsel Syahrul Yasin Limpo, mengungkapkan, gerakan Pramuka adalah modal sebuah negara dan bangsa. Keterlibatan pada gerakan Pramuka menjadi bagian dari konstribusi dan sumbangsih dalam mewujudkan masa depan bangsa, negara dan daerah yang lebih baik.

“Pelantikan Ketua Kwarcab (Kak Seto) memiliki keterkaitan dengan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, karena ada upaya penguatan dan keterpanggilan kemanusiaan walau dibalik itu, ada ancaman Virus Corona. Pramuka itu intinya adalah kekuatan bangsa yang bagaikan Oksigen yang harus dihirup oleh semua anak bangsa,” kata Mantan Gubernur Sulsel itu.

Pelantikan Kwarcab Gerakan Pramuka ini disaksikan oleh Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Selatan Abdul Hayat Gani, sejumlah pejabat Eselon I Kementerian Pertanian.

(Tim Website)